Peran Orang Tua Mendampingi Anak Menghadapi Rasa Kecewa di Usia 5-12 Tahun

Perasaan sedih dan kecewa memang dapat terjadi pada siapapun, tak terkecuali pada anak-anak pada usia 5-12 tahun. Pada usia ini, memang anak-anak belum mencapai kematangan dan kedewasaan secara psikologis, sehingga seringkali rasa kecewa dan sedih dilampiaskan secara emosional dengan berlebihan, seperti marah, menangis atau enggan melakukan kegiatan apapun atau cenderung senang melamun. Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka bisa jadi anak akan mengalami gangguan secara psikologis dan emosional dan berpengaruh pada kehidupannya kelak dikemudian hari. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan mental psikologis ini, ada baiknya jika orangtua segera memegang kendali perilaku anak. Bagaimanakah sebaiknya peran orangtua mendampingi anak menghadapi rasa kecewa di usia 5-12 tahun?

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips peran orangtua mendampingi anak menghadapi rasa kecewa di usia 5-12 tahun yang sebaiknya Peran Orangtua Mendampingi Anak Menghadapi Rasa Kecewa di Usia 5-12 Tahundilakukan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Hibur Diri : Menurut salah seseorang pemerhati dan praktisi psikologis anak, dikatakan bahwa tindakan menghibur diri anak yang mengalami kekecewaan merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebagai pendampingan. Beberapa ungkapan kata yang bisa dilakukan antara lain jangan sedih dan jangan kecewa.
  • Motivasi Dan Harapan Baru :  Masih menurut sumber yang sama, dikatakan juga bahwa menyemangati anak dengan memberikan motivasi dan harapan baru bahwa masih ada kesempatan yang sama dan dapat dilakukan pada waktu yang lain. Berikan juga harapan baru bahwa kesempatan lain yang datang kelak dikemudian hari bisa jadi lebih baik daripada kesempatan yang terlewatkan saat ini.
  • Alihkan Dan Obati : Ajak anak melakukan kegiatan lain yang dirasakan menyenangkan baginya, seperti mengajak anak ke taman bermain, bermain game edukatif, rekreasi atau wisata atau bahkan mungkin sekedar membelikanmainan baru yang menjadi keinginannya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengalihkan dan mengobati rasa kecewa yamg terlanjur terjadi.

Demikianlah beberapa kiat dan tips peran orangtua mendampingi anak menghadapi rasa kecewa di usia 5-12 tahun yang bisa dijadikan pertimbangan untuk dilakukan. Satu hal penting yang hendaknya selalu diingat adalah orangtua juga sebisa mungkin menghindari mengungkit kegagalan anak yang pernah terjadi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.