Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak Usia 5-12 tahun

Usia 5 – 12 tahun merupapakan usia pembentukan karakter yang sangat bagus. Pada usia tersebut anak memiliki daya responsibilitas terhadap segala macam hal. Di umur tersebut juga anak mulai belajar banyak hal. Peran keluarga dalam membentuk karakter anak usia 5 – 12 tahun sangatlah penting.

Pernahkah anda mendengar bahwa seorang remaja yang tumbuh dari keluarga “broken home akan memiliki karakter yang cenderung ugal-ugalan, nakal dan tindak negative lainnya. Hal tersebut pastilah disebabkan oleh faktor masalah yang timbul di dalam keluarga tersebut. Satu di antaranya adalah sikap para anggota keluarga, khususnya ayah atau ibu dan bisa juga keduanya. Di lain sisi, komunikasi juga berperan penting dalam membentuk karakter anak usia tersebut.

Sebuah keluarga yang harmonis, tidak ada pertengkaran di dalamnya akan menghasilkan anak yang tumbuh di dalam rasa penuh percaya diri, semangat meraih prestasi, mudah memaafkan serta cinta akan perdamaian, dan segala bentuk sikap positif lain. Keadaan sebaliknya, di mana di dalam keluarga penuh pertengkaran akan menimbulkan anak yang cenderung bersikap destruktif, keras kepala, pemberontak dan berbagai macam sikap kurang baik lain. Adapun anak yang tumbuh di dalam keluarga yang hambar dan kurang komunikasi akan tumbuh menjadi remaja cuek, tidak peduli sekitar, tidak memiliki sensitivitas terhadap lingkungan dan dunia luar, cenderung mudah curiga kepada orang lain dan tidak sedikit yang mengalami kefrustasian tingkat tinggi. Adapun peran keluarga dalam membentuk karakter anak usia 5 – 12 tahun dapat dimulai dari tata bergaul di dalam keluarga, termasuk di antaranya cara mengungkapkan kasih sayang, terdapat tempat curhat dan perlindungan bagi anak. Konflik suami istri sedapat mungkin jangan sampai diketahui oleh anak.

Diskusi yang agak panas atau menegangkan antara kedua orang tua sebaiknya dilakukan di luar rumah ataupun di ruang privacy di dalam rumah. Usia 5 – 12 tahun juga memiliki memori, kemampuan merekam suatu kejadian yang sangat bagus. Betapa penting peran keluarga dalam membentuk karakter anak usia 5 – 12 tahun.