Penyebab Sinusitis pada Anak

Sinusitis bukanlah penyakit yang asing bagi kita.  Sudah banyak anak maupun orang dewasa yang mengidap penyakit yang tidak menular ini.  Sinusitis adalah kondisi dimana rongga hidung mengalami peradangan.  Disinilah terdapat ruang yang disebut sinus.  Semua rongga sinus ini berujung pada hidung.  Sedangkan sinus sendiri berfungsi untuk mengatur agar terjadi kesesuaian antara tubuh kita dengan temperatur udara napas. Sinus yang paling besar terdapat disamping hidung, sementara letak sinus yang lain terdapat di belakang hidung dan dipangkal hidung.

Penyebab sinusitis pada anak bermacam-macam di antaranya:

  1. Pilek yang menahun. Pilek dapat menyebabkan munculnya gangguan pada sinus bila terjadi berkepanjangan.  Saat pilek berlangsung rongga yang seharusnya kosong dari cairan akan dipenuhi oleh lendir, apabila lendir ini te rkontaminasi oleh bakteri dan kuman maka lendir akan berubah menjadi ingus dengan warna keruh.  Pilek yang berlangsung lama pada akhirnya akan menimbulkan polip dan bahkan sinusitis.  Infeksi yang berlangsung lama akan menyebabkan pembengkakkan hidung dan bila kita anak merasakan nyeri pada bagian samping hidung artinya rongga hidung telah dipenuhi oleh lendir yang menjadi pertanda adanya penyakit sinus. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan menangani pilek yang sudah berlangsung lebih dari tiga hari.  Cari apa penyebabnya, bila disebabkan oleh alergi, cari  tahu faktor pencetusnya lalu hindari.
  2. Infeksi  gigi rahang atas . Selain itu penyebab sinusitis pada anak juga dapat disebabkan karena adanya gigi geraham atas yang berlubang.  Gigi yang berlubang ini rawan terkena infeksi akar gigi yang dapat berpengaruh pada rongga sinus.  Hal ini disebabkan ujung dari akar gigi geraham berbatasan dengan lantai rongga sinus yang terletak disamping hidung.  Gangguan ini tidak serta merta menyebabkan sinus.  Perlu bertahun-tahun hingga akhirnya gejala muncul.  Gejala yang terjadi bisa berupa hidung yang buntu, penyumbatan rongga hidung karena lendir, hingga keluar bau busuk dari hidung.  Bau busuk ini bisa dirasakan oleh penderita maupun tercium oleh orang lain.  Oleh karena itu bila gigi geraham atas anak berlubang, segera tangani dengan cara menambalnya.

Itulah beberapa penyebab sinusitis pada anak yang dapat Anda kenali.