Penyebab Kanker Tulang

Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang ganas. Untuk dapat menghindari keganasan yang diberikan oleh penyakit kanker ini maka kita harus mengenalnya dengan lebih dekat. Salah satu jenis kanker adalah kanker tulang. Upaya pencegahan agar tidak terkena kanker tulang adalah dengan mengetahui penyebab kanker tulang itu sendiri.

Penyakit kanker merupakan penyakit kanker yang bisa menyerang pada orang dewasa dan anak-anak. Tulang merupakan organ penting yang mampu menyokong tubuh kita. Selain itu, tulang juga dikenal sebagai sebuah pabrik yang mampu menghasilkan sel darah merah dan sel darah putih. Tidak hanya itu, beberapa mineral penting yang diperlukan oleh tubuh juga diproduksi oleh tulang. Jadi tulang memilik posisi yang sangat penting bagi kita.

Peran yang penting tersebut ternyata tidak diimbangi oleh sistem imun yang dimiliki oleh tulang. Ternyata tulang adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat rawan untuk terkena kanker. Meskipun penyebab dari kanker tulang masih belum diketahui secara jelas tetapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan yang menyebabkan terjangkitnya kanker tulang pada seseorang.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker tulang pada sebagian orang baik dewasa maupun anak-anak adalah karena beberapa hal yakni Multiple exostoses, Rothmund-Thomson sindrom, retinoblastoma genetik, Li-Fraumeni sindrom. Namun menurut beberapa dokter yang menangani kanker tulang lebih menekankan pada kesalahan DNA ketika terjadi pembentukan sehingga mengakibatkan perkembangan tulang yang tidak terkendali. Alhasil, menyebabkan terjadinya kanker tulang.

Kanker tulang baik pada orang dewasa maupun anak-anak secara garis besar terbagi menjadi dua yakni kanker primer dan kanker skunder. Penyakit kanker tidaklah disebabkan oleh penyakit kanker lainnya yang berada di bagian tubuh yang dekat tulang yang pada akhirnya menyerang tulang. Penyakit kanker tulang bukanlah seperti itu, melainkan lebih pada kelainan dna yang menyebabkan tulang tumbuh tidak terkendali dan pada akhirnya terbentuklah kanker.

Penyakit kanker tulang juga tidak bisa diidentikkan dengan kanker sel darah yang biasa disebabkan oleh sum-sum tulang belakang manusia. Untuk bisa mengetahui lebih lanjut terhadap kanker tulang maka ada baiknya kita mengetahui gejalanya. Gejala yang terjadi pada kanker adalah munculnya pembengkakan pada sendi dan inflamis serta patah tulang. Biasanya juga diikuti dengan rasa nyeri.

Semoga dengan mengetahui penyebab kanker tulang dan gejalanya kita bisa mendeteksi sejak dini penyakit ini sehingga bisa ditangani sejak dini.