Penyebab Flu dan Batuk pada Anak Balita

Apa saja Penyebab Flu Dan Batuk Pada Anak Balita?

Batuk dan pilek adalah penyakit yang sering sekali menjangkit di kecil, yang perlu diketahui adalah Penyebab Flu Dan Batuk Pada Anak Balita, sehingga ibu dapat mencegahnya. Batuk dan pilek yang terjadi 8 atau 6 kali dalam setahun atau sekitar 2 minggu sekali adalah hal yang wajar bagi balita. Anda tidak perlu terlalu khawatir jika hal ini terjadi pada anak Anda. Yang patut dikhawatirkan adalah jika frekuensi batuk dan pilek menjadi dua kali dalam sebulan.

Semakin bertambahnya usia, frekuensi batuk pilek ini akan semakin jarang, karena sistem imunitas anak semakin baik dan berkembang. Jika anak Anda masih saja terjangkit batuk pilek pada usia yang semakin bertambah, mungkin kecukupan gizi anak belum terpenuhi dan ini bisa diatasi dengan memberikan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Penyebab batuk dan pilek pada umumnya ada dua, yaitu infeksi dan alergi.

 

Batuk Pilek Karena Infeksi

Penyebabnya biasanya adalah bakteri atau virus. Cirinya adalah badan terasa ngilu dan demam. Jika anak diberikan nutrisi yang baik, maka proses penyembuhan akan berlangsung dalam 2 sampai 3 hari saja. Batuk pilek karena infeksi sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, karena itu cukup diberikan asupan makanan yang bergizi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si anak.

Batuk dan pilek sebenarnya adalah pertanda bahwa ada lendir di tenggorokan anak, dan batuk pilek ini adalah proses pengeluaran lendir yang ada. Karena itu beberapa dokter tidak menyetujui pengobatan batuk dan pilek dengan obat pereda batuk pilek. Batuk dan pilek sebenarnya adalah “penolong” untuk membersihkan lendir yang diproduksi.

Penyebab Flu Dan Batuk Pada Anak Balita inilah yang harus dibasmi dan penyebabnya adalah kurangnya sistem kekebalan tubuh pada anak. Pemberian makanan yang bergizi cukup untuk proses penyembuhan.

 

Batuk Pilek Karena Alergi

Jika batuk dan pilek anak lebih dari 3 hari, maka patut dicurigai bahwa ini adalah alergi. Pengobatannya tetap sama, yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dengan memberikan makanan yang bergizi, banyak minum, dan istirahat yang cukup.

Beberapa penyebab alergi yang menimbulkan batuk pilek adalah lingkungan seperti debu, kapuk, asap, dan bulu binatang. Makanan seperti makanan atau minuman dingin, gorengan, coklat, permen, dan sebagainya. Jika memang memiliki alergi terhadap sesuatu yang menjadi Penyebab Flu Dan Batuk Pada Anak Balita, sebaiknya jauhkan hal itu darinya.