Penyebab Anak Usia 5 – 12 Th Tak Betah di Rumah

Kenapa anak Anda tidak betah di rumah? Dia biasanya memilih bermain di rumah temannya dibandingkan diam di rumah. Atau bahkan ada yang memilih menginap berhari-hari di saudara. Apa penyebab anak tak betah di rumah?

1.       Suasana. Bisa jadi anak terganggu dengan kondisi pertengkaran orangtua yang terjadi setiap hari. Anak tidak bisa protes secara langsung mengenai kondisi ini, dia memilih untuk “kabur” dari rumah sebagai tanda protesnya. Anda tentu harus mengoreksi kembali hubungan Anda dengan pasangan, apakah memang pertengkaran sering terjadi di rumah Anda?

2.       Hubungan dengan orang tua. Mungkin saja, hubungan orangtua baik-baik saja, tetapi apakah hubungan Anda dengan anak Anda baik-baik saja. Hubungan yang kurang harmonis membuat anak tidak nyaman berada di dekat Anda atau berada terlalu lama di rumah.

3.       Kenyamanan. Tidak adanya kenyamanan di rumah membuat anak memilih keluar dan mencari kenyamanan di luar rumah. Bentuk kenyamanan bisa beragam, hubungan dengan orangtua, saudara, bahkan mungkin dia tidak memiliki ruangan yang membuatnya bebas melakukan apapun.

4.       Aturan. Terlalu banyak aturan di rumah akan membuatnya seperti terpenjara. Melakukan apapun selalu saja salah. Apakah Anda sudah mengoreksi aturan tersebut? Jangan sampai aturan yang Anda buat justru membuatnya semakin lepas dari sangkar.

5.       Rumah teman lebih menyenangkan. Mungkin karena temannya memiliki lebih banyak mainan, atau punya kamar yang bagus, atau memiliki tempat yang bisa bermain sepuasnya membuat si anak memilih bermain di rumah teman.

Apapun penyebab anak tidak betah di rumah, Anda harus mengembalikan anak untuk mulai menganggap home sweet home. Di rumah adalah tempat dimana dia bisa berekspresi sesuka hati. Cari tahu penyebabnya dan mulailah memperbaiki penyebab ketidakbetahannya secara bertahap. Anda tidak bisa memaksanya untuk diam di rumah, butuh pendekatan lebih emosional untuk membuatnya selalu ada di samping Anda. Kalau perlu ajak temannya bermain di rumah Anda, jadi anak Anda merasa memiliki banyak teman tanpa perlu keluar rumah.