Penyebab Alergi Udara Dingin Pada Anak

Alergi udara dingin memang diakibatkan oleh udara dingin. Berbeda dengan alergi dingin yang bisa diakibatkan bukan hanya oleh udara dingin tetapi juga oleh makanan dan minuman yang dingin.

Alergi udara dingin berbeda dengan alergi dingin. Perbedaannya terletak pada gejala yang ditimbulkannya. Misalnya saja, pada anak yang menderita alergi udara dingin, dia tidak mengalami demam seperti halnya yang ditunjukkan pada anak yang menderita alergi dingin. Pada anak yang menderita alergi udara dingin biasanya merasa gatal, sedangkan penderita alergi dingin cenderung sakit di tenggorokan yang diikuti oleh flu. Penderita alergi udara dingin cenderung lebih kuat dibandingkan penderita alergi dingin, dan juga reaksi alergi yang menjalar hingga ke mata merupakan gejala penderita alergi udara dingin.

Apa penyebab alergi udara dingin pada anak?

Tentu saja salah satunya adalah udara yang dingin. Sebaiknya jika anak sudah mengalami gejala alergi udara dingin maka orang tua sebisa mungkin melakukan pencegahan terjadinya alergi, misalnya dengan membuat si anak tetap merasa hangat pada kondisi cuaca dingin. Anak sebaiknya mulai menggunakan baju-baju yang tebal setiap saat ketika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, berikan juga minuman yang hangat untuk mengatasi dingin di dalam tubuhnya.

Penyembuhan alergi udara dingin tidak bisa menuntaskan alergi udara dingin, namun obat-obatan bisa membantu mengurangi gejala yang timbul karena cuaca dingin tersebut. Jangan lupa, anak yang memiliki alergi udara dingin untuk bisa melakukan immunotherapy yaitu proses desensitisasi terhadap alergen. Proses yang diperlukan dalam menuntaskan alergi udara dingin ini membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa lebih dari tiga tahun. Namun, keberhasilannya sangat tinggi, bisa 90% berhasil.

Penyebab alergi udara dingin pada anak adalah udara dingin, Anda harus mulai mencegah anak untuk bersentuhan langsung dengan udara dingin melalui berbagai hal yang membuatnya tetap merasa nyaman dan hangat walau cuaca memang tidak bersahabat dan bisa memicu alergi udara dinginnya. Jangan lupa berikan pengertian kepada anak kenapa dia tidak bisa bermain hujan dan harus mengenakan baju tebal sebab kerapkali anaklah yang sering merasa tidak nyaman dengan kondisi ini.