Pentingnya Variasi Makanan Pendamping ASI

Pada artikel kali ini kita akan membahas betapa Pentingnya Variasi Makanan Pendamping ASI dan bagaimana cara memberikannya pada sang bayi. ASI atau Air Susu Ibu memang adalah bahan makanan paling utama dari bayi. Sudah diteliti secara pasti bahwa kandungan gizi di dalam ASI ini sangatlah tinggi dan sanggup memenuhi kebutuhan bayi hingga 6 bulan ke depan tanpa memerlukan bahan makanan lainnya sebagai tambahan. Nah setelah usia bayi diatas 6 bulan barulah makanan pendamping sangat dibutuhkan karena dikatakan oleh para dokter efek ASI akan menurun pada jangka waktu tersebut.

ASI dari sang ibu memang sangat ampuh untuk memberikan nutrisi penuh pada bayi dikala usianya masih berada antara 0 sampai dengan 6 bulan. Namun untuk mendapatkan ASI yang sehat dibutuhkan pula makanan sehat yang akan dikonsumsi oleh sang ibu dimana harus memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna dan tentunya mengandung banyak protein. Tidak jarang pula bayi didapati menderita penyakit aneh dan langka akibat kurangnya kualitas gizi ASI dari sang ibu. Nah biasanya ketika bayi memasuki usia 6 bulan, efek gizi dari ASI sang ibu akan tidak terlalu berpengaruh pada sang bayi sehingga untuk tetap bisa memenuhi nutrisinya diharuskan untuk mengkonsumsi makanan lain.

Oleh karenanya variasi Makanan Pendamping ASI penting untuk memenuhi kebutuhan bayi. Seperti yang anda ketahui, bayi membutuhkan nutrisi dan gizi yang sangat banyak untuk menunjang pertumbuhan dari seluruh bagian tubuh termasuk organ dalamnya dan juga untuk memenuhi kebutuhan energinya setiap hari. Biasanya bayi sebelum berusia 6 bulan ke atas masih belum memiliki organ tubuh yang berfungsi dengan baik. Sebut saja salah satunya adalah bagian pencernaan. Jika anda sudah memberikannya makanan luar sebelum bayi berusia 6 bulan ke atas maka zat makanan ini akan dikeluarkan oleh tubuh sang bayi baik melalui kotoran atau bahkan muntahan.

Namun setelah bayi berusia 6 bulan ke atas dan anda hanya memberikannya ASI saja maka ini juga akan menimbulkan beberapa masalah di antaranya kekurangan gizi dan yang paling sering terjadi adalah alergi makanan. Kekurangan gizi bukanlah permasalahan yang enteng karena ini akan menurunkan imunitas tubuhnya sehingga besar kemungkinan bayi anda terserang sebuah penyakit. Untuk itu diharapkan anda bisa memberikan bayi anda makanan pendamping seperti bubur pisang, sereal ataupun jenis makanan lembut lainnya.

Variasi Makanan Pendamping ASI juga penting untuk mencegah terjadinya alergi. Alergi pada bayi memang dianggap wajar karena hampir semua bayi pernah mengalaminya. Akan tetapi anda tidak bisa menganggap enteng alergi ini karena terkadang jika sampai cukup parah maka akan mengakibatkan bayi anda susah bernafas dan anda harus segera membawanya ke dokter. Nah memberikan variasi makanan sejak dini (umur 6 bulan ke atas) sangat penting agar sang bayi bisa langsung mengenali makanan barunya dan kemudian menerimanya. Pemberian makanan pendamping inipun harus dilakukan dengan hati-hati dan secara bertahap agar nantinya tubuh sang bayi tidak kaget dan mengalami alergi secara langsung.