Pentingnya Pujian Bagi Anak Anda

Kesehatan anak itu bukan hanya penting dari sisi fisik namun juga secara mental dan jiwa sangatlah penting. Salah satu “obat” dan “terapi” bagi kesehatan jiwa anak adalah pujian. Ya, pujian biasanya dapat menggunakan kata-kata, tindakan, ekspresi wajah, atau sentuhan lembut seperti perlukan atau hanya sekedar “toss” yang mengekspresikan perasaan atau kebanggaan terhadap diri, nilai dan prestasi orang lain. Pujian bagi anak wajib diberikan agar mereka tau siapa diri mereka, apa yang bisa mereka lakukan dan semua yang telah mereka lakukan itu adalah baik dan berharga bagi orang lan.

Mengapa pujian menjadi sangat penting? Karena pujian akan membantu mereka dalam membangun dan mengembangkan citra diri yang positid bagi diri sang anak. Dengan demikian anak akan memperlakukan diri mereka sendiri dan orang lain dengan baik, mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah, tidak mudah patah semangat dan hidup lebih produktif lagi.

Ada 2 tipe pujian, yaitu

  1. Pujian untuk “menjadi” adalah bentuk pujian tentang diri anak. ┬áPujian ini dapat membuat anak tahu bahwa dirinya sangat berharga dan menunjukkan bahwa Anda mencintainya dengan tulus. Pujian ini dapat digunakan kapan saja. Contoh pujian untuk menjadi seperti “Ibu bangga denganmu, kamu sangat istimewa Nak”
  2. Pujian untuk “melakukan” , digunakan untuk memuji anak atas sesuatu yang telah dilakukannya. Pujian ini membuat anak tahu bahwa Anda senang dengan perilaku dan usaha mereka. Pada dasarnya, anak itu suka untuk menyenangkan orangtua mereka. Contoh pujian untuk melakukan seperti “Hebat sekali! Kamu sudah mengerjakan PR dengan rapi dan benar semua “

Kedua pujian ini sangat baik, namun hendaknya jangan menggunakan pujian ini secara bersamaan. Sebelum terucap, pikirkan ini tipe pujian yang mana. Contoh : lebih baik mengatakan “Ibu sayang kamu” daripada mengatakan “Ibu sayang kamu karena kamu sudah rajin mengerjakan PR setiap hari” Kalimat kedua memberikan kesan bahwa ibu hanya sayang pada saat -saat tertentu.

Anak belajar dari perilaku orang tua mereka. Jika anak melihat Anda memberikan pujian dengan baik, anak pun akan belajar untuk melakukan hal yang sama.

Sudahkah memuji anak Anda hari ini ?