Pentingnya Penanaman Perilaku Positif Keluarga

Menurut salah seorang ahli psikolog anak terkenal, orangtua hendaknya menanamkan perilaku positif semenjak dini dan makin ditingkatkan intensitasnya ketika anak memasuki usia 5-12 tahun. Namun demikian, faktanya berbicara lain. Masih banyak orangtua yang belum memahami pentingnya penanaman perilaku positif keluarga. Apa saja manfaat penanaman perilaku positif ini?

Manfaat dan keuntungan

Berikut ini akan disampaikan beberapa manfaat dan keuntungan pentingnya penanaman perilaku positif keluarga bagi anak usia 5-12 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Mandiri. Anak akan terbiasa mandiri dalam menghadapi permasalahan yang terjadi. Walaupun sesekali masih membutuhkan bantuan orang lain, namun kemandirian anak merupakan bekal berharga bagi masa dewasanya kelak di kemudian hari.
  2. Cekatan. Cekatan dalam mengambil tindakan nyata terhadap permasalahan yang dihadapi merupakaan bekal yang tak tergantikan. Anak akan cenderung memiliki inisiatif penyelesaian permasalahan tanpa perlu menunggu perintah dari oranng lain.
  3. Disiplin. Disiplin dalam mengerjakan segala hal merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu pekerjaan yang dilakukan. Anak akan terbiasa menerapkan kedisiplinan dalam semua aspek kehidupannya, mulai dari disiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin mengerjakan tugas yang diberikan.
  4. Tanggung jawab. Bertanggung jawab menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya merupakan bekal yang berharga bagi masa dewasanya kelak. Anak akan terbiasa mencari jalan keluar terbaik untuk setiap permasalahan yang dihadapi.
  5. Akhlaq. Penanaman akhlaq dan budi pekerti yang baik akan menjadi bekal dalam hal tingkah laku dan pengambilan keputusannya kelak ketika dewasa. Anak akan cenderung berbuat yang jujur dan benar daripada melakukan tindakan kecurangan dan kebohongan.
  6. Cerdas. Kecerdasan berpikir serta kecerdasan secara emosional dan sosial merupakan bekal yang harus dimiliki ketika hidup bermasyarakat kelak pada masa dewasa. Sikap dan perilaku cuek atau masa bodoh terhadap lingkungan sekitarnya akan dapat dihilangkan.

Demikianlah beberapa manfaat dan keuntungan pentingnya penanaman perilaku positif keluarga bagi anak usia 5-12 tahun. Bagaimanapun juga masa usia 2-5 tahun merupakan suatu fase yang pasti dialami dalam kehidupan manusia. Pada usia ini merupakan masa dimana pendidikan anak lebih terfokus pada psikomotor anak serta penanaman akhlaq dan sikap hidup anak. Semoga bermanfaat.