Pentingnya Olahraga Saat Hamil Muda

Seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, kebiasaan olahraga saat hamil mulai meningkat dimasyarakat.  Anjuran dokter agar selama hamil ibu melakukan gerakan olahraga ringan mulai diperhatikan demi memperlancar proses hamil dan melahirkan si buah hati.

 

Banyak manfaat didapatkan oleh ibu hamil jika berolah raga. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  1. Meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan
    Saat hamil muda , ibu hamil akan cenderung letih, sering mual bahkan pingsan. Hal tersebut sangat membahayakan kesehatan seorang ibu.  Olahraga saat hamil muda seperti jogging, atau berenang dapat membantu ibu hamil terutama hamil muda untuk meningkatkan staminanya sehingga dapat mengurangi letih serta terjadinya pingsan dan secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan janin.
  2. Meningkatkan keberhasilan persalinan
    Olahraga yang dilakukan pada saat hamil muda secara rutin juga memiliki imbas positif pada saat akan melahirkan.  Olahraga rutin yang dilakukan selama hamil muda meningkatkan keberhasilan persalinan normal melalui vagina.  Ibu hamil yang rutin melakukan olahraga umumnya memiliki kemampuan mampu mengejan lebih lama, memiliki nafas yang lebih panjang serta memiliki stamina yang lebih tahan saat sedang menjalani proses persalinan sehingga memiliki prosentase keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang berolahraga.
  3. Bentuk tubuh cepat kembali pasca melahirkan
    Ibu yang sering berolahraga saat hamil muda setelah melahirkan lebih mudah kembali ke bentuk tubuh semula sebelum melahirkan.  Ibu hamil muda yang jarang berolah raga umumnya akan merasa malas untuk bergerak dan melakukan aktifitas sehingga membuat sang ibu menjadi gemuk karena lemak dalam tubuh tidak dapat terbakar sehingga setelah melahirkan sulit untuk mengembalikan bentuk tubuh kembali pada ukuran semula sebelum melahirkan.  Berbeda dengan ibu hamil yang sering berolah raga yang secara sadar maupun tidak tetap menjaga bentuk tubuhnya selama hamil sehingga jika terjadi lonjakan kenaikan berat badan pun tidak terlalu jauh, sehingga lebih mudah untuk mengembalikan ke ukuran bentuk tubuh semula setelah melahirkan.

Olahraga hamil sebaiknya hanya dilakukan pada saat hamil muda yaitu 3 bulan pertama masa kehamilan. Beberapa pakar menganjurkan olahraga saat hamil muda karena pada masa tersebut bobot kandungan masih ringan sehingga tidak begitu mengganggu gerak. Setelah 3 bulan hanya dianjurkan untuk melakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan dan sebagainya.

Olahraga yang dianjurkan saat hamil adalah:

  1. Berenang
    Beberapa ahli mengatakan renang adalah olah raga yang paling aman bagi ibu hamil.  Renang adalah olahraga yang tidak memberi tekanan pada persendian dan tulang sehingga aman untuk ibu hamil.  Renang dapat membantu melatih pernafasan sehingga ibu hamil memiliki nafas yang lebih panjang.  Renang merupakan olahraga yang aman karena bobot tubuh didalam air akan terasa lebih ringan sehingga meminimalkan cedera.
  2. Berjalan
    Olahraga yang lain yang dianjurkan adalah berjalan.  Biasakan berjalan dalam aktifitas anda.  Bagi anda wanita karir yang biasa bekerja dikantor dan duduk seharian penuh biasakan berjalan di waktu senggang anda.  Anda dapat mengambil minum tanpa menyuruh OB mengambilkan, atau anda dapat menyampaikan pesan kepada rekan anda dengan mendatangi ruangannya dan bukan menelponnya dan sebagainya. Pada intinya biasakan untuk berjalan.

Bagi anda ibu maupun calon ibu, masa kehamilan adalah masa yang sangat penting sekaligus rawan.  Anda tentu ingin anak anda nantinya terlahir normal serta sehat, oleh karena itu anda perlu mengetahui pentingnya olahraga saat hamil muda.  Kegiatan olahraga yang tepat dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan anda dan bayi anda.