Pentingnya Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Untuk Bayi

Manfaat berjemur di pagi hari sangatlah banyak. Oleh karena itu salah satu syarat yang setiap orang tua harus penuhi ketika membuat kamar khusus bayi adalah kamar tersebut harus berada di bagian rumah yang dapat diakses dengan mudah oleh sinar matahari pagi. Hal ini disebabkan karena sinar matahari memang memiliki banyak manfaat untuk bayi, terutama sinar matahari pagi. Tidak jarang, para orang tua mengajak bayi mereka berkeliling taman karena selain orang tua memiliki kesempatan untuk berolah raga di pagi hari, sang buah hati juga bisa menikmati segala manfaat sinar matahari pagi.

Manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi

Tahukah anda apa saja manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi anda?
Sebenarnya  daftarnya amat panjang, namun beberapa penjelasan berikut sudah dapat mewakili penjelasan mengenai manfaat sinar matahari pagi:

  • Matahari pagi dapat mencegah bayi mengalami sakit kuning karena kekurangan sinar matahari.
  • Sinar matahari kaya akan vitamin D. Vitamin D dibentuk dari kolesterol dalam tubuh yang diubah oleh sinar ultraviolet yang hanya bisa didapatkan dari sinar matahari.
  • Sinar matahari juga dapat membantu mengurangi kejenuhan atau depresi. Bayi yang cukup sinar matahari akan jarang menangis karena sinar matahari memiliki fungsi untuk melepaskan hormon endorphin dalam tubuh yang juga dikenal dengan sebutan hormon anti-depresi.

Namun anda harus cukup tahu bahwa waktu terbaik untuk menikmati manfaat sinar matahari sangatlah terbatas yaitu hanya pada pukul 7 sampai 9 pagi saja. Selebihnya lebih baik untuk menghindar dari terpaan sinar matahari langsung.

Mengoptimalkan manfaat berjemur di pagi hari untuk bayi

Walau sinar matahari pagi sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk bayi, orang tua harus mengetahui pula cara tepat untuk mengoptimalkan manfaatnya yaitu seperti:

  • Tidak menjemur bayi anda terlalu lama karena bisa menyebabkan bayi kepanasan dan dehidrasi. Selain itu kulit bayi masih sangat sensitive.
  • Cukup menjemur bayi selama 15 menit lalu bawa bayi masuk dan beri ASI atau minum air putih, setelah itu jemur lagi bayi selama 15 menit dan beri ASI lagi. Jadi menjemur bayi maksimal 30 menit perhari sudah cukup.

Jadi pastikan bayi anda mendapat cukup sinar matahari setiap hari. Beruntung bagi anda yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis sehingga setiap hari dapat menikmati manfaat berjemur di pagi hari.