Pentingnya Imunisasi Polio Pada Bayi

Imunisasi Polio Pada Bayi sangat penting dilakukan. Tujuan imunisasi ini adalah untuk mencegah dan memperkuat tubuh dari penyakit polimielitis. Penyakit polimielitis adalah penyakit kelumpuhan. Penyakit ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut dan mencemarkan usus. Kemudian masuk ke dalam aliran darah dan sistem syaraf pusat yang menyebabkan kelemahan otot dan kelumpuhan. Bayi yang belum memiliki sistem imun yang kuat dan belum mampu mengenali virus ini, mungkin saja terjangkit. Karena itu imunisasi polio sangat penting. Bagi ibu yang khawatir untuk memberikan imunisasi polio saat anak sedang sakit, perlu diketahui bahwa penyakit ringan seperti pilek dan batuk, pemberian imunisasi tidak perlu ditunda. Pemberian imunisasi masih aman selama anak tidak mengalami demam tinggi. Sebaiknya tunda imunisasi, jika anak Anda sedang mengalami demam tinggi. Pada beberapa kasus, bisa terjadi cacat otak yang menyebabkan pertumbuhan anak terganggu dan terhambat, jika imunisasi tetap diberikan.

Mengenal Imunisasi Polio
Imunisasi ini dilakukan untuk melawan penyakit polio. Bagi anak yang sedang mengalami diare berat, sebaiknya tidak diberikan imunisasi ini. Efek samping dari imunisasi ini adalah kejang-kejang, namun jarang sekali efek samping ini terjadi, sehingga ibu tidak perlu khawatir. Pemberian imunisasi polio ini dapat dilakukan bersama dengan imunisasi BCG, vaksin Hepatitis B dan DPT. Imunisasi ini dilakukan empat kali dengan selang waktu kurang dari dua bulan. Imunisasi polio yang kedua dapat dilakukan bersamaan dengan imunisasi ulang DPT. Imunisasi ulangan dapat dilakukan sebelum anak memasuki usia sekolah. Imunisasi ini diberikan dengan cara meneteskan secara langsung vaksin kedalam mulut bayi sebanyak dua tetes. Bisa juga dilakukan dengan mencampurnya dengan gula. Imunisasi Polio Pada Bayi harus dilakukan untuk mencegah penyakit polio yang akan menimbulkan kelumpuhan pada anak.

Pentingnya Imunisasi Pada Bayi
Imunisasi sangat penting untuk bayi, karena bayi belum memiliki sistem imunitas yang sempurna. Imunisasi adalah pemberian vaksin hidup untuk memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Dengan imunisasi, bayi akan lebih siap dengan segala virus yang mungkin menyerang. Imunisasi bisa diberikan secara bertahap atau secara simultan, ibu bisa memilih cara pemberian polio sesuai dengan kebutuhan. Imunisasi secara simultan memberikan banyak sekali kebaikan. Imunisasi simultan adalah memberikan imunisasi secara lengkap dalam satu kali datang. Manfaat tambahannya adalah dapat menghemat banyak waktu dengan tidak kembali ke dokter. Penghematan uang juga bisa dilakukan, kembali ke dokter berkali-kali akan semakin banyak menghabiskan uang anda. Imunisasi simultan juga memberikan kesiapan bayi untuk menghadapi semua virus yang mungkin saja menyerang. Kekebalan tubuh bayi akan lebih kuat, karena kita tidak akan pernah tau kapan dan dimana virus itu akan menyerang. Virus bisa saja tertular atau terkena langsung pada bayi. Imunisasi sangat penting untuk kesehatan dan keselamatan bayi anda, bayi yang terkena virus sebelum diberikan imunisasi, maka akan sangat berbahaya. Pemberian imunisasi dini dengan imunisasi simultan adalah jalan yang tepat. Imunisasi Polio Pada Bayi dan imunisasi lainnya akan diberikan secara bersama-sama dalam satu waktu dengan beberapa suntikan.