Pengobatan Flu Pada Anak Balita

Pengobatan flu pada anak balita secara tepat. Influenza atau flu bisa dibilang penyakit umum yang sering diderita oleh segala usia, baik dari anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular, sehingga ada kecenderungan jika anak balita Anda dapat tertular virus penyakit ini. Influenza atau flu bisa di bilang penyakit yang timbul akibat menurunnya daya tahan tubuh. Dan hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya lingkungan dan cuaca.

Gejala Flu Pada Anak Balita
Hampir sama dengan pengobatan flu pada orang dewasa, pengobatan flu pada anak lebih ditekankan pada istirahat dan banyak mengkonsumsi air minum. Biasanya gejala yang timbul saat anak balita Anda terkena virus influenza ini ialah terjadinya demam dan batuk, bahkan terkadang disertai dengan pilek. Jika demam anak Anda sudah hampir mencapai 38 derajat, atau melewati 37 derajat ada baiknya sang anak dibawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Pengobatan Flu Pada Anak Balita Di Rumah

Jika anak terkena flu, apakah ada cara untuk merawatnya saat di rumah? Berikut ini adalah beberapa cara melakukan pengobatan flu pada anak balita yang bisa dilakukan di rumah :

  1. Pastikan Anda atau yang merawat anak tersebut dalam keadaan sehat, gunakan masker jika terkena flu untuk memastikan bahwa penyakit tersebut tidak terus menular karena daya tahan anak balita tidak sama dengan daya tahan orang dengan usia di atasnya.
  2. Bersihkan lingkungan sekitarnya dan pastikan tidak ada benda yang memungkinkan terjadinya kontaminasi flu pada anak balita Anda, dan itu termasuk boneka dan mainan lainnya.
  3. Berikan ASI eksklusif pada anak Anda, karena dengan memberikan ASI ini maka dapat memperbaiki daya tahan tubuh dari sang anak.
  4. Usahakan bayi tetap istirahat walaupun bukan waktunya untuk istirahat, dalam hal ini ialah tidur. Dengan tidur maka daya tahan tubuh dapat diperbaiki dan meningkat menjadi lebih baik.
  5. Miringkan kepala bayi Anda saat tidur ke satu sisi, karena dengan posisi ini maka sang anak balita akan mudah bernafas, seandainya terdapat pilek yang mengganggu jalan pernafasannya.
  6. Anda bisa memberikan mint pelega hidung, atau nebulizer yang bisa melegakan jalan pernafasannya, atau uap dari air panas yang disalurkan melalui pipa juga dapat membantu melegakan jalan pernafasannya.
  7. Flu akan berkurang seiring membaiknya daya tahan tubuh dan hal ini akan memakan waktu selama 3-5 hari, jika masih berlanjut Anda bisa membawanya ke dokter.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pengobatan flu di rumah. Periksa suhu tubuhnya secara konstan dan jika masih berlanjut bahkan suhu tubuhnya mencapai lebih dari 37 derajat maka bawalah ke dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan flu pada anak balita yang tepat dan lebih intensif.