Pengobatan Cacar Air Pada Bayi

Pengobatan cacar air pada bayi memang bukanlah hal yang sulit jika anda sudah mengetahui caranya dan mau melakukannya dengan baik sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Kuncinya adalah kemauan untuk mempraktekkan instruksi dengan baik dan benar. Secara garis besar, pengobatan pada bayi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu modern dan tradisional. Anda bisa memilih salah satunya, tergantung kondisi dan preferensi.

Pengobatan Ala Nenek Moyang
Kendati tidak mempelajari ilmu obat-obatan secara formal, namun orang jaman dahulu mampu menemukan ramuan atau bahan-bahan dari alam yang ternyata memang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, tak terkecuali cacar air. Jagung muda dan kacang hijau dipercaya sebagai bahan alami yang efektif untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah bintil cacar air membekas dikemudian hari. Penggunaannya pun cukup mudah, sebab anda tinggal menghaluskannya menggunakan blender atau alat tradisional yang anda punya.

Penggunaan jagung muda parut yangd diusapkan pada bintil cacar air memang akan memberikan efek dingin, begitupun dengan kacang hijau. Bahkan solusi alternative ini juga bisa dicoba untuk orang dewasa dan lanjut usia. Jagung memang harus dicari yang muda karena yang dibutuhkan adalah airnya sedangkan untuk kacang hijau harus direndam terlebih dahulu hingga biji kacangnya membesar, barulah setelah itu dihaluskan.

Alternatif lain yang juga penting untuk membantu pengobatan dan proses penyembuhan adalah ramuan yang terdiri dari campuran beberapa rempah-rempah. Hal ini memang sedikit rumit sebab tidak mudah untuk mencekoki bayi dengan jamu yang notabene amat sangat pahit rasanya. Ramuan pertama yang patut anda coba adalah campuran antara 30 gram temu lawak, 15 gram asam jawa, 25 gram kencur serta 15 gram jahe yang harus dipotong-potong dan dicuci terlebih dahulu sebelum direbus dengan 600 cc air. Sisakan hingga seperempatnya, diminum 2 hingga 3 kali sehari.

Pengobatan cacar air pada bayi juga bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan dari luar. Pertama-tama, anda harus menumbuk kunyit dan daging buah asam hingga halus lalu menambahkan minyak kelapa secukupnya. Panaskan campuran tersebut lalu biarkan sesaat hingga dingin. Oleskan ke permukaan kulit yang dipenuhi bintil cacar dan ini bisa dilakukan dua kali sehari. Saat merebus campuran tersebut, usahakan memakai periuk tanah, panic kaca atau panci enamel.

Pengobatan Ala Modern
Mengobati cacar air dengan menggunakan ramuan tradisional mungkin memang lebih melegakan karena anda bisa meracik sendiri, namun terkadang persiapan membuat ramuan sedikit merepotkan terutama jika anda tak punya banyak waktu untuk berada di dapur. Oleh karena itu, pengobatan menggunakan yang instan mungkin akan lebih memudahkan anda. Beberapa yang perlu anda siapkan diantaranya adalah Paracetamol, salep Acyclovir dan bedak gatal.

Paracetamol berguna untuk menurunkan panas mengingat penderita cacar air (terutama bayi) cenderung menjadi mudah terkena demam. Saat itu pula, virus akan menyerang tubuh lebih cepat. Penggunaan salep Acyclovir juga bermanfaat untuk mencegah menyebarnya bintil ke area lain dan salep ini sebaiknya dioleskan setiap 3 jam sekali. Bedak anti gatal juga sangat penting untuk mencegah sang bayi terus menerus menggaruk dengan tangannya yang nantinya bisa meninggalkan bekas. Kini, anda sudah tahu langkah-langkah pengobatan cacar air pada bayi.