Pengaruh Konsumsi Ikan Mentah Pada Ibu Hamil Muda

Konsumsi makanan yang bergizi dapat membantu kehamilan agar tetap sehat sehingga nantinya melahirkan bayi yang sehat pula. Namun, melemahnya sistem kekebalan tubuh ibu saat hamil membuat ibu hamil rentan terhadap efek berbahaya dan bakteri yang terkandung dalam beberapa jenis makanan. Apalagi, di awal kehamilan para ibu seringkali mengalami morning sickness sehingga mengakibatkan nafsu makan terganggu. Morning sickness bukan hanya bisa mengakibatkan berat badan yang turun drastis, juga bisa membuat ibu hamil merasa lemas karena keluarnya cairan tubuh serta energi yang digunakan ketika muntah.

Ini merupakan dilema, karena ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk dirinya dan juga janin. Sedangkan di sisi lain, ia sangat kesulitan mengkonsumsi makanan atau kalaupun mau makan, ibu hamil cenderung pilih-pilih makanan. Padahal, kurangnya asupan makanan yang bergizi dapat menghambat perkembangan janin. Oleh karena itu wajib bagi ibu hamil untuk meningkatkan asupan makanan yang bergizi guna menunjang kehamilannya.

Namun, ibu hamil harus memperhatikan makanan yang menjadi menu keseharian, karena ada beberapa makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi wanita hamil, diantaranya adalah makanan yang masih mentah atau dimasak setengah matang. Jadi, sangat disarankan kepada ibu hamil untuk berhati-hati dalam memilih dan menyiapkan makanan, selain itu ia harus menghindari makanan tertentu yang berbahaya terhadap ibu dan janin, seperti sushi atau makanan lain yang berbahan dasar ikan mentah.

Lalu, adakah pengaruh konsumsi ikan mentah pada ibu hamil muda? Sebenarnya, konsumsi ikan saat hamil sangat bagus untuk ibu dan juga janin, asalkan di masak dengan benar. Sebaliknya, jika ikan tersebut dikonsumsi dalam keadaan mentah maka kemungkinan besar tercemar kuman atau bakteri berbahaya yang bisa menimbulkan infeksi. Selain itu, dalam ikan mentah juga terdapat kandungan zat-zat berbahaya, seperti merkuri yang cukup tinggi.

makan ikan mentahBerbagai zat berbahaya dan bakteri yang terkandung dalam ikan mentah sangat merugikan ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Jadi, kalau ada pertanyaan mengenai apa saja pengaruh konsumsi ikan mentah pada ibu hamil muda? Maka jawabannya adalah ikan mentah mengandung beberapa bakteri merugikan, seperti :

  • Bakteri listeria merupakan penyebab keguguran dan janin meninggal dalam kandungan.
  • Bakteri salmonella bisa menyebabkan keguguran.
  • Toxoplasma penyebab janin berkondisi abnormal.
  • Bakteri e-coli pemicu kerusakan usus dan ginjal semasa kehamilan.
  • Kandungan merkuri yang cukup tinggi sangat berbahaya bagi ibu hamil dan pertumbuhan otak janin.

Menyeramkan sekali bukan pengaruh konsumsi ikan mentah pada ibu hamil muda. Maka, mulai saat ini mulailah untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi dengan tujuan kesehatan bagi ibu hamil dan juga bayi yang dikandung.