Pengaruh Influensa pada Kesehatan THT Anak

Sebagian dari Anda mungkin tidak terlalu menganggap serius penyakit influenza, virus ini diyakini ringan karena hanya menjangkiti seseorang  ketika daya tahan tubuhnya menurun atau pada musim-musim pancaroba, serta dapat disembuhkan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Tetapi kemudian mitos ini dipatahkan ketika virus influenza yang lebih popular dengan flu burung (H5N1), flu babi (H1N1), flu hongkong dan lain-lain ternyata diketahui dapat menyebabkan wabah  meluas dan berdampak kematian.

Influensa tergolong ringan apabila yang dimaksud adalah tipe C. Sering menyerang terutama kepada anak-anak. Mudah menular melalui udara, air liur dan menempel cukup lama di  benda-benda yang telah disentuh si sakit, seperti gelas, sendok, alat bermain, belajar dan sebagainya. Disertai demam, menggigil,  letih, batuk, pilek, bahkan mual  dan muntah, penyakit ini harus mendapatkan pengobatan  serius karena bukan hanya mengganggu aktifitas dan potensi perkembangan anak Anda tetapi pengaruh influenza pada kesehatan organ tubuh lain seperti THT (telinga,hidung, tenggorokan) dan paru-paru.

Pengaruh influenza pada kesehatan THT anak adalah yang paling sering dikeluhkan. Rasa nyeri di telinga merupakan salah satu ciri bahwa influenza yang diderita Anak anda sudah cukup lama. Sakit ini apabila di biarkan dapat menyebakan infeksi   telinga, di tingkat selanjutnya  akan mengeluarkan nanah sehingga terganggunya fungsi pendengaran hingga tuli. Di area hidungpun menimbulkan lendir yang menggumpal atau dalam istilah kedokteran disebut sinusitis, infeksi ini akan sangat mengganggu pernafasan, menyebabkan pusing dan hanya bisa disembuhkan dengan melakukan operasi.

Demikian pula di tenggorokan, akan sangat  fatal apabila diabaikan. Tenggorokan yang nyeri hingga radang bukan hanya akan membuat terganggunya kegiatan pernafasan tetapi juga fungsinya sebagai saluran  dalam kegiatan makan dan minum.Rasa sakit ini biasanya dapat dikurangi dengan menggunakan tablet hisap atau obat kumur, tetapi tentu dengan anjuran dokter anak Anda. Pusatkan perhatian  untuk menyembuhkan influenza ketika masih dalam tahap yang ringan, jangan menyepelekan virus ini terutama pengaruhnya pada kesehatan THT anak. Bijaklah dalam memilih obat luar dan segera hubungi dokter apabila gejalanya tidak berkurang di hari ke tiga.