Pemenuhan Nutrisi Seimbang Balita

Memahami Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Seimbang Balita

Pemenuhan nutrisi seimbang balita merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan oleh setiap bunda bagi buah hatinya. Asupan gizi yang baik dan seimbang pada balita akan sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Bahkan bunda juga harus mengerti bahwa pada usia 1 hingga 5 tahun atau balita, semua perkembangan yang dicapai pada rentang usia tersebut akan menjadi dasar bagi perkembangan buah hati bunda di tahun-tahun berikutnya. Jadi, tidak ada alasan bagi bunda untuk mengesampingkan pemenuhan nutrisi seimbang balita bunda. Lalu apa saja nutrisi yang harus bunda berikan pada balita bunda? Berikut ulasannya.

Pemenuhan Nutrisi Seimbang Balita

Berbagai Zat Gizi Yang Diperlukan Balita Bunda
Seorang balita yang nutrisinya terpenuhi dengan baik akan menunjukkan pertumbuhan yang baik, baik secara fisik maupun secara kemampuan otak dan perkembangan psikologisnya. Balita yang kurang gizi cenderung memiliki berat badan di bawah rata-rata, tidak menunjukkan adanya kenaikan berat badan selama 3 bulan berturut-turut, mudah sakit, dan lain sebagainya. Oleh karena itu bunda harus sadar betapa pentingnya pemenuhan nutrisi seimbang balita bunda demi masa depannya.

Di bawah ini ada beberapa jenis zat gizi yang diperlukan oleh balita bunda dalam memaksimalkan tumbuh kembangnya :

1. Padi-padian
Asupan gizi yang satu ini merupakan salah satu faktor penting dalam pemenuhan nutrisi seimbang balita bunda. Contoh makanan sehat yang termasuk dalam kategori ini antara lain beras merah, oatmeal, makanan dari tepung yang berasal dari gandum atau jagung utuh.

2. Sayuran
Bunda harus rajin membuat variasi jenis sayuran yang akan bunda sajikan sebagai menu harian si kecil sebagai cara pemenuhan nutrisi seimbang balita bunda. Sayuran berwarna hijau tua seperti sawi dan brokoli, berwarna orange seperti wortel dan tomat atau sayuran yang masuk dalam jenis kacang-kacangan seperti buncis dan kacang panjang serta jenis sayuran lain bisa bunda masukkan dalam daftar menu harian si kecil. Ajak si kecil untuk menyukai sayur tanpa memaksanya.

3. Buah
Bunda bisa memberikan buah yang dipotong-potong atau dalam bentuk jus kepada balita bunda.

4. Susu
Merupakan sumber protein dan kalsium yang berperan penting dalam pembentukan jaringan tulang balita bunda. Bagi balita usia 2 tahun ke bawah tentunya ASI merupakan yang terbaik.

5. Daging dan Kacang-kacangan
Merupakan sumber protein hewani dan nabati bagi balita bunda. Karena banyak jenis dan ragamnya bunda bisa lebih mudah memvariasikan jenis makanan ini untuk pemenuhan nutrisi seimbang balita bunda.

Nah, sekarang tentu bunda lebih tahu dan mengerti betapa pentingnya pemenuhan nutrisi seimbang balita bunda, bukan?