Orang Tua Memegang Peranan Penting dalam Tumbuh Kembang Anak

Kasih sayang ibu dan perhatian dari ayah akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang baik. Berikut adalah beberapa poin yang akan membantu Anda dalam meningkatkan tumbuh kembang anak Anda:

Anak-anak pada dasarnya rentan akan segala yang terjadi di sekitar mereka, karena itu sedapat mungkin selalu menjaga anak Anda dalam lingkungan yang aman. Pembinaan yang baik dari orang tua sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tumbuh kembang anak terdiri dari beberapa tahap, dan harus selalu diingat bahwa masing-masing anak mengalami tingkat perkembangan yang berbeda-beda untuk setiap tahapnya.

Salah satu kebahagiaan terbesar menjadi orang tua adalah mempunyai kesempatan menyaksikan anak-anak Anda tumbuh. Menyaksikan anak-anak tumbuh itu menyenangkan, tapi kadang-kadang juga mengkhawatirkan. Orang tua mudah merasa khawatir jika anak-anak mereka tidak berkembang dengan baik. Contohnya orang tua merasa khawatir mengapa anak kedua tidak mulai berjalan secepat anak pertama?

Walaupun anak-anak terus berkembang dalam segala hal, untuk hal-hal  tertentu ada yang berkembang lebih cepat karena kebutuhan individunya. Sebagai contoh, perhatikan seorang anak yang dibesarkan dalam sebuah keluarga besar. Untuk bertahan hidup, anak itu mungkin mengembangkan jari tangannya pada usia dini. Tapi di sisi lain, seorang anak dengan keluarga yang lebih kecil akan mengejar ketertinggalannya,dengan lebih cepat berkembang atau tumbuh dalam kemampuan yang berbeda.

Ingatlah bahwa anak-anak terus-menerus berkembang dan beradaptasi dengan lingkungan mereka, sesuai dengan fase atau tahap tumbuh kembang mereka.