Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia Anak

Ada begitu banyak manfaat yang didapat dari rajinnya berolahraga. Selain tubuh yang sehat dan pergaulan yang luas, kecerdasan yang meningkat serta prestasipun akan mudah teraih. Terlebih jika olahraga telah diterapkan sedini mugkin. Sebagai perkenalan olahraga pada anak, ada baiknya jika dimulai dari olahraga yang ringan atau olahraga yang tepat sesuai usia anak, seperti jalan kaki, jogging, main bola, berlari atau berenang. Tidak hanya memerhatikan usia anak saja, namun minat serta kesenangan anak pada salah satu jenis olahraga juga merupakan sebuah hal yang wajib menjadi perhatian setiap orangtua. Biasanya olahraga yang melahirkan kesenanganlah yang pertama menjadi pilihan anak-anak, seperti halnya olahraga renang.

Olahraga yang tepat sesuai usia anak antara lain adalah Renang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyenangi olahraga renang. Aktivitas yang dilakukan dengan sarana air ini mudah ditemukan diberbagai tempat, bahkan ada beberapa tempat yang memang dirancang khusus untuk memberi kepuasaan bagi penyuka olahraga renang. Lalu bagi sebagian orangtua, olahraga renang sudah mereka perkenalkan semenjak anak usia bayi. Berenang memberikan kesenangan bagi bayi dan anak-anak. Mereka tak pernah bosan bermain air, bahkan olaraga lainpun bisa dilakukan bersamaan ketika berenang, seperti olahraga melempar bola. Berenang tidak hanya memberi kesenangan, ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari olahraga tersebut, seperti membantu mengurangi rasa takut saat berada dalam air, sarana permainan bagi anak-anak, memperkuat otot anak karena dalam aktivitasnya, renang menggerakkan seluruh saraf motorik. Selain itu melatih keberanian, kemandirian serta menciptakan rasa kebersamaan.

Memilih olahraga yang tepat sesuai usia anak bukan hal sulit bagi orangtua, cukup dengan melihat tingkat kesenangan, minat, dan besar kecilnya resiko dalam melakukan olahraga tersebut maka bisa ditentukan mana olahraga yang cocok bagi anak. Mengajarkan anak untuk gemar melakukan olahraga adalah sangat baik, tak hanya kesehatan jasmani yang didapat namun kesehatan rohanipun akan teraih. Lalu, tunggu apa lagi, yuk ajak anak-anak berolahraga!!!