Olahraga Indoor VS Outdoor, Mana yang Lebih Baik untuk Anak?

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat bermanfaat bagi anak, karena itu para orang tua harus mengenalkan olah raga sejak dini kepada anak-anaknya. Beberapa manfaat olahraga untuk anak diantaranya untuk memaksimalkan ketrampilan motoriknya (misalnya berjalan, berlari dan melompat), tumbuh kembang yang sehat (kesehatan jantung, paru-paru, tulang dan otot), mendorong sportivitas, kecerdasan bersosialisasi, dan juga bermanfaat untuk mencegah obesitas pada anak. Nah, setelah mengetahui manfaatnya, tentunya Anda juga ingin tahu, Olahraga indoor VS Outdoor, mana yang lebih baik untuk anak?

Untuk memperoleh jawaban yang tepat atas pertanyaan Olahraga indoor VS Outdoor, mana yang lebih baik untuk anak? Terlebih dahulu, kita harus menganalisis kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan kekurangan Olahraga indoor, diantaranya :

  1. Menimbulkan rasa bosan, karena pemandangan tetap
  2. Harus menunggu antrian atau menyesuaikan jadwal
  3. Lebih mahal mengingat ruang olahraga indoor biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap
  4. Tidak terkena sinar matahari langsung
  5. Tidak kepanasan dan kehujanan
  6. Udara dalam ruangan biasanya kurang segar dibandingkan dengan diluar ruangan
  7. Tidak mudah berkeringat, karena ruang olahraga indoor biasanya terdapat AC

Kelebihan dan kekurangan Olah raga outdoor, diantaranya :

  1. Lebih menyehatkan fisik dan juga mental, karena lokasinya dialam terbuka.
  2. Menjadikan anak menjadi lebih rileks
  3. Tidak mudah bosan
  4. Lebih Banyak Kalori Terbakar
  5. Lebih Hemat
  6. Melawan Kuman, karena banyak study menyebutkan jika ruang olahraga yang tertutup lebih rentan terhadap perkembangan kuman dan bakteri.
  7. Bisa terpapar sinar matahari langsung, dan udara yang segar
  8. Bisa meningkatkan energi

Perbandingan diatas, tentunya sudah menjawab rasa penasaran Anda mengenai Olahraga indoor VS Outdoor, mana yang lebih baik untuk anak? Meskipun banyak penelitian dan fakta yang menyebutkan jika olahraga outdoor lebih baik dan menyehatkan, namunĀ  tetap harus memperhatikan waktu yang tepat untuk anak berolahraga, misalnya saja : jangan berolahraga diluar ruangan saat cuaca terlalu panas atau tengah hujan, karena bukannya sehat tapi justru menimbulkan masalah kesehatan, hindari olahraga fisik yang terlalu berat atau membahayakan keselamatan anak, dan persiapkan keperluan dan perlengkapan anak saat berolahraga di luar ruangan.