Nyeri Punggung Pada Kehamilan Trimester 2

Seperti layaknya ketika menstruasi, wanita yang sedang hamil juga  merasakan nyeri punggung yang  jauh lebih menyakitkan ketimbang ketika mereka sedang haid. Nyeri di punggung ini biasanya terjadi ketika masa hamil tua dan sewaktu melahirkan.  Akan tetapi ada juga nyeri punggung pada kehamilan trimester 2 , yang membuat ibu hamil menjadi sangat sensitif dan dampak fisik dan psikis lainnya. Lebih parahnya lagi, nyeri di punggung pada saat trimester dua ini akan terus berlanjut dan bertambah parah hingga masa melahirkan.  Pada dasarnya ada sejumlah faktor yang mengakibatkan nyeri pada punggung ketika masa kehamilan trimester ke dua ini. Beberapa diantaranya adalah faktor metabolik, mekanik, psikososial, dan juga sirkulasi. Pada usia kehamilan muda biasanya nyeri punggung ini terjadi karena faktor perubahan hormonal pada ibu. Perubahan ini pada akhirnya mengakibatkan perubahan pada struktur jaringan yang menjadi penyangga rahim. Selanjutnya ketika sudah mencapai trimester dua nyeri punggung masih juga terjadi akibat meningkatnya hormon relaxin.

Perlu diketahui bahwa pada saat hamil posisi tulang yang seringkali berubah-ubah menjadi salah satu penyebab nyeri  punggung pada kehamilan trimester 2.  Untuk itu perlu adanya antisipasi atau setidaknya cara untuk mengurangi nyeri punggung yang bisa jadi sangat mengganggu bagi wanita hamil ini. Salah satu caranya adalah dengan latihan yang dilakukan untuk tujuan memperkuat tulang punggung, latihan untuk memperbaiki postur tubuh, dan pastikan bagi ibu hamil untuk tidak memakai alas kaki apapun yang berhak tinggi, bahkan yang berupa wages karena akan sangat berbahaya. Untuk mengurangi nyeri setidaknya bisa dilakukan dengan menggunakan ikat pinggang untuk memberi sokongan pada daerah panggul, lakukan latihan yang biasanya ada pada latihan fitnes tertentu yang dikhususkan untuk wanita hamil, cukup istirahat, dan pemijatan khusus untuk kehamilan.

Untuk fitnes, saat ini ada banyak tempat fitnes yang melayani fitnes khusus untuk kehamilan. Adapun fitnes yang dilakukan bisa berupa kelas-kelas dengan  instruktur yang dikhususkan untuk membantu gerakan-gerakan yang biasa mendukung kekuatan ibu yang sedang hamil supaya kehamilannya bisa lebih kuat, dan nantinya bisa membantu proses kehamilan. Ini biasanya ada dalam bentuk senam-senam tertentu yang bisa diikuti setidaknya dua hingga empat kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian untuk memperbaiki postur bisa dilakukan dengan menjaga posisi tidur, posisi duduk, dan lain sebagainya. Ketika duduk sebaiknya menggunakan bantal untuk mengganjal punggung, pundak harus ditarik ke belakang, dan kepala sebidang dengan pundak. Bagi ibu hamil, untuk menghindari nyeri punggung pada kehamilan trimester 2, sebaiknya menghindari aktifitas-aktifitas seperti menyetir mobil, berdiri, berjalan lebih dari setengah jam,mengangkat beban yang berat, menaiki tangga, tidur dengan cara tengkurap, berdiri pada dearah yang lunak, dan  lain sebagainya.