Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Tumbuh Kembang Anak

Apa saja Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 5 – 12 Tahun? Di usia 5-12 tahun, anak lebih cenderung suka bermain bersama teman-temannya. Bahkan terkadang anak sampai lupa untuk makan siang karena keasyikan bermain bersama teman-temannya. Di samping itu, anak usia 5-12 tahun juga suka jajan makanan di luar rumah. Hal ini disebabkan anak pada usia tersebut sudah terpengaruh iklan di televisi. Padahal jajanan makanan di luar tidak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Bahkan cenderung mengandung bahan-bahan pengawet yang dapat membahayakan tubuh si anak. Tak heran jika pada usia ini berat badan si anak menjadi turun drastis akibat kekurangan nutrisi. Lantas bagaimana ibu menghadapinya? Apa saja Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 5 – 12 Tahun? Simak terus artikel berikut ini.

Kebutuhan Nutrisi Anak Usia 5-12 Tahun

Dibandingkan dengan ketika masih bayi, pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia 5-12 cenderung lambat karena selera makannya yang mulai berkurang. Namun kebutuhan nutrisinya harus tercukupi untuk menunjang kegiatan belajarnya di sekolah. Berikut ini beberapa nutrisi yang diperlukan untuk kembang anak usia 5-12 tahun yang perlu ibu penuhi nutrisinya setiap hari.

1. Kalsium

Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, ibu perlu memberikan nutrisi kaya kalsium. Kalsium ini berfungsi untuk menunjang perkembangan tulang yang sehat. Kalsium diperoleh dari susu dan produk olahannya seperti keju, dan yogurt. Biasakanlah anak untuk minum susu sebelum berangkat sekolah dan menjelang tidur malam agar kebutuhan kalsiumnya tercukupi.

2. Folat

Folat merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan anak dan membantu mencukupi nutrisi otak anak. Folat dapat ibu peroleh ada makanan sereal, roti, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan seperti pisang.

3. Zat besi

Zat besi diperlukan tubuh untuk membantu mencukupi kebutuhan sel-sel darah merah sehingga anak tidak mudah letih, lesu dan lelah. Zat besi ini dapat ibu peroleh dari makanan-makanan seperti hati, daging merah, sereal, dan kacang-kacangan.

4. Omega 3

Omega 3 merupakan nutrisi untuk kecerdasan otak. Salah satu jenis asam lemak ini dipercaya mampu meningkatkan daya ingat sehingga dapat menunjang kegiatan belajar anak di sekolah. Omega 3 ini dapat ibu peroleh pada makanan ikan laut seperti salmon, sarden dan mackerel.

Anjuran Nutrisi Harian Untuk Anak Usia 5-12 Tahun

Selain kebutuhan nutrisi di atas harus terpenuhi, ibu juga perlu melakukan beberapa saran yang dianjurkan seperti berikut ini:

  • Pastikan anak sarapan pagi sebelum berangkat untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya selama sekolah.
  • Agar anak tidak mudah jajan, buatlah snack yang bergizi dengan variasi bentuk yang lucu sehingga anak mau untuk membawanya ke sekolah sebagai bekal pengganti jajan.
  • Kurangi konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula seperti es krim, cokelat, permen dan minuman soda karena dapat membuat gigi keropos.
  • Kurangi pula makanan yang mengandung lemak agar berat badannya tetap ideal.

Demikian artikel seputar Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 5 – 12 Tahun.  Semoga dapat menginspirasi ibu untuk memberikan nutrisi yang terbaik bagi si kecil yang aktif di sekolah.

Selamat mencoba.