Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Sesuai Tingkatan Usia

Sebagai orang tua, Anda memiliki kewajiban untuk menjaga asupan nutrisi bagi anak agar tumbuh kembang mereka bisa lebih optimal. Harus diakui bahwa, menjaga tumbuh kembang anak tidaklah mudah, apalagi dijaman serba instan ini. Tidak cukup hanya mengandalkan teori yang ada, akan tetapi  juga wajib mengikuti dan memahami tumbuh kembang anak secara langsung dan berkesinambungan. Agar anak bisa tumbuh optimal, sudah seharusnya jika orang tua memiliki pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan anak sesuai tingkatan usia.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati, asupan nutrisi tidak hanya penting bagi anak ketika mereka sudah terlahir ke dunia, namun dimulai sejak dalam kandungan dan masa menyusui. Jadi, penuhi asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin, misalnya kalsium, asam folat, vitamin, protein, lemak, karbohidrat, dan lain sebagainya. Pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan anak sesuai tingkatan usia ini sangat penting untuk memudahkan  dalam merawat buah hati. Ingat! kebutuhan nutrisi bagi anak-anak itu berbeda-beda sesuai dengan tahapan usianya, jadi salah besar jika Anda menyamakan kebutuhan nutrisi anak 1 tahun dengan anak 5 tahun.

Nah, daripada penasaran, simak nutrisi yang dibutuhkan anak sesuai tingkatan usia berikut ini :

  1. Usia 0 sampai 6 bulan, bayi membutuhkan hanya ASI saja, tanpa ada tambahan makanan atau minuman lain.
  2. Usia 6 bulan hingga 1 tahun, bayi mulai diperkenalkan dengan MPASI. Pilihlah bahan makanan yang mengandung nutrisi penting bagi tumbuh kembang bayi Anda, misalnya kalsium, DHA, asam folat, protein, vitamin.
  3. Usia 1 hingga 6 tahun. Nutrisi yang tepat untuk anak usia 1-6 tahun adalah yang bisa mengoptimalkan kemampuan motorik, konsentrasi, dan mendukung perkembangan fisik, misalnya : membantu pembentukan tulang dan gigi.
  4. Usia 7-12 tahun. Anak-anak usia ini umumnya membutuhkan asupan nutrisi yang lebih lengkap lagi. Jadi, selain protein, karbohidrat, dan lemak, anak usia 7-12 tahun juga membutuhkan tambahan nutrisi, seperti Omega 3 &6, Vitamin B1,B2, dan B12. Hal itu jelas, mengingat pada usia tersebut, anak tengah berada pada puncak pertumbuhan mental dan fisiknya.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.