Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tentu memerlukan nutrisi terbaik untuk menunjang masa kehamilannya. Asupan gizi ibu hamil harus mencukupi untuk ibu dan bayi. Tapi sejatinya, ibu yang sedang dalam persiapan kehamilan pun harus sudah mulai memperhatikan kandungan makanan yang dikonsumsinya. Hal ini karena seorang wanita harus menyiapkan kondisi terbaik sebagai persiapan kehamilan.

Praktik hidup sehat, sejatinya dijalani tidak hanya oleh ibu hamil, tapi juga oleh semua orang. Namun bagi ibu hamil yang menginginkan masa kehamilan yang lancar, tentu diawali oleh niat atau pemikiran positif bahwa tubuh memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang lebih tinggi dibanding biasanya.

Berikut ini daftar makanan dengan kandungan nutrisi terbaik bagi ibu hamil.

Telur
Sebutir telur memiliki kandungan kalori sebanyak sekitar 90 kalori. Telur juga mengandung protein tinggi yang penting untuk kehamilan. Selain protein, kandungan mineral serta lebih dari 12 vitamin juga terdapat pada telur. Protein sangat diperlukan bagi pertumbuhan sel-sel bayi, sedangkan ibu hamil pun memerlukan proteinnya sendiri.

Selain itu, telur pun memiliki kandungan kolin yang cukup tinggi, yang berguna bagi bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Baik untuk kesehatan otak, juga membantu mencegah potensi cacat pada sistem saraf. Beberapa jenis telur bahkan mengandung lemak omega-3, yang juga penting bagi peningkatan daya penglihatan.

Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan protein berkualitas tinggi. Ikan salmon pun merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Kandungan methylmercury pada ikan salmon, yaitu senyawa yang bisa membahayakan perkembangan sistem saraf bayi, relatif rendah dibandingkan jenis ikan laut lainnya.

Walaupun demikian, para ahli FDA tidak menganjurkan untuk makan terlalu sering, dalam porsi lebih dari 12 ons per minggu. Hal ini untuk menghindari akumulasi merkuri dalam darah.

Kacang-kacangan
Beragam jenis kacang bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat selama kehamilan. Kacang mengandung serat dan protein yang dengan kandungan lebih baik dari jenis sayuran lain.

Protein dan serat merupakan sumber nutrisi penting selama kehamilan. Serat merupakan sumber makanan yang dapat mencegah dan meringankan masalah saluran pencernaan yang biasa ditemui pada saat hamil. Dengan demikian, juga mengurangi resiko sembelit dan wasir.

Ubi jalar

Ubi jalar banyak mengandung karotenoid, yaitu pigmen tumbuhan yang akan mengkonversi diri menjadi vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin C, folat, dan serat.

Kenari dan biji-bijian

Selain ikan atau telur, lemak omega-3 juga banyak terdapat pada kenari yang  penting untuk pertumbuhan otak bayi. Selain kenari, ragam biji-bijian lain pun tak kalah baiknya untuk nutrisi ibu hamil can bayi dalam kandungannya.

Yogurt

Segala jenis yogurt memiliki kandungan kalsium yang baik termasuk untuk ibu hamil. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat. Kekurangan kalsium akan membuat bayi “menyabotase” cadangan  kalsium dari tulang atau gigi sang ibu.

Daging tanpa lemak

Daging adalah sumber protein yang sangat baik dan berkualitas tinggi, khususnya daging tanpa lemak. Biasakan untuk mengkonsumsi daging yang lemaknya telah dihilangkan untuk asupan nutrisi yang lebih sehat.

Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran dengan daun berwarna hijau tua seperti kangkung atau bayam memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin serta folat. Jenis sayuran ini pun memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan mata.

Buah-buahan dan sayuran yang beraneka warna

Beragam buah dan sayuran dengan warna yang berbeda memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dengan fungsinya masing-masing. Saat ibu hamil mengkonsumsi ragam buah dan sayuran ini, maka bayi yang dikandungnya pun memiliki pengalaman serupa dalam ‘mencicipi’ jenis makanan yang dikonsumsi sang ibu melalui cairan ketuban. Jadi jika Anda memberikan  berbagai buah-buahan sehat dan sayuran kepada bayi Anda di dalam rahim, Anda akan meningkatkan kemungkinan bahwa bayi Anda akan mengenali dan menerima dan mulai mengerti berbagai jenis rasa nantinya.