Minum Air Yuk!

Dua per tiga tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan ini sangat penting untuk metabolisme sel, detoksifikasi dan untuk menghilangkan sisa metabolisme dari tubuh. Ketika tubuh tidak mendapat cukup cairan, keadaan ini disebut dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, bahkan membuat sakit.

Tubuh kita dapat membantu kita tetap terhidrasi dengan mengatur jumlah cairan yang dibutuhkan sistem tubuh. Tubuh dapat menahan jumlah cairan bila kita tidak mendapat asupan cairan yang cukup atau dapat membuang kelebihan cairan bila kita mendapat asupan cairan berlebihan. Bila urine Anda berwarna kuning muda, tubuh Anda mungkin sedang membuang kelebihan cairan. Ketika urine Anda berwarna kuning gelap, mungkin itu saatnya Anda harus minum.

Berapa banyak cairan yang dibutuhkan oleh anak-anak setiap harinya? Tidak ada jumlah spesifik mengenai banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh anak-anak, tetapi sangatlah penting untuk memastikan mereka mendapat cukup cairan sepanjang hari dan tidak hanya ketika mereka haus saja.

Berikut adalah beberapa tips yang membantu agar anak terhindar dari dehidrasi :

  • Minum air putih kadang membosankan bagi anak. Bila anak menolak gagasan untuk minum air putih, cobalah untuk menggantikannya dengan jus dari buah-buahan segar. Anak-anak akan tetap mendapatkan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan rasa dan aroma yang mereka sukai.
  • Ajak anak untuk memilih botol air khusus yang mereka sukai, misalnya botol air berbentuk atau bergambar karakter kesukaan mereka. Anak-anak biasanya akan tertarik untuk minum lebih banyak dari botol kesayangan mereka sendiri.
  • Jangan memberikan minumanĀ  bersoda karena justru dapat membuat tubuh kecil mereka terdehidrasi. Bila Anda masih tidak dapat menyuruh anak untuk minum air putih yang cukup, berikan anak buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, blewah, melon, jeruk dan anggur. Meskipun air putih adalah yang terbaik, buah-buahan yang mengandung banyak air akan lebih baik daripada minuman bersoda.
  • Buatlah grafik yang menunjukkan berapa gelas air yang harus anak Anda minum setiap hari. Setiap kali anak minum segelas air, berikan stiker atau tanda pada grafiknya. Bila anak mencapai targetnya sepanjang minggu, adakan pesta air. Isi balon dengan air dan bermainlah perang-perangan air. Isilah kolam plastik dengan air dan bermainlah di halaman.
  • Berilah contoh. Kebiasaan sehat Anda untuk banyak minum air putih setiap hari akan membuat anak meniru kebiasaan Anda.