Menyusui Saat Puasa

Apa saja tips menyusui saat puasa? Berpuasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim. Lalu bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui? Untungnya, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak ikut berpuasa selama bulan Ramadhan dan cukup menggantinya dengan membayar fidhyah. Namun, sebenarnya ASI yang ibu hasilkan tidak akan berubah komposisi dan kualitasnya walaupun ibu berpuasa atau tidak makan selama 14 jam lamanya. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki mekanisme untuk mengambil zat gizi dari cadangan energi, lemak, protein, vitamin dan mineral yang tersimpan di dalam tubuh. Cadangan energi tersebut akan terpenuhi kembali setelah ibu berbuka puasa. Dengan demikian, baik ibu maupun dan bayi tidak akan kehilangan zat gizi yang diperlukan bagi tubuh. Setelah mengetahui fakta di atas, ibu mungkin memutuskan untuk tetap berpuasa. Nah, untuk agar tetap fit selama berpuasa dan menyusui, beberapa tips menyusui saat puasa di bawah ini mungkin dapat bermanfaat.

Tips Menyusui Saat Puasa

  • Penuhi Kebutuhan Gizi. Tips menyusui saat puasa yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi. Gizi yang masuk ke dalam tubuh ibu sangat penting untuk menjaga kualitas ASI yang ibu hasilkan. Karena itu, pastikan asupan gizi yang masuk ke tubuh ibu cukup dengan tetap mempertahankan pola makan selama tiga kali sehari. Untuk memenuhi pola tersebut, ibu dapat makan saat sahur, berbuka, dan juga menjelang tidur. Pastikan pula komposisi gizi yang dikonsumsi seimbang. Komposisi yang dibutuhkan berupa 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan sisanya berupa lemak. Ibu dapat memperbanyak konsumsi daging karena daging merupakan makanan tinggi kalori dan protein sehingga dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lemas karena lapar.
  • Perbanyak Minum Air Putih.Saat berpuasa, tubuh kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang cukup besar. Karena itu, saat berbuka dan sahur, sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan memperbanyak konsumsi air putih. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan air putih dua liter setiap harinya. Akan lebih baik bila ditambahkan dengan asupan cairan lainnya, misalnya yang berasal dari buah-buahan.
  • Perbanyak Istirahat. Mengingat berpuasa dapat membuat tubuh terasa lemas, maka memperbanyak istirahat juga merupakan salah satu tips menyusui saat puasa. Setiap kali terasa lelah ataupun lemas, usahakan untuk beristirahat. Hanya dengan berbaring sejenak, minimal ibu dapat merasakan tubuh dan pikiran ibu lebih rileks. Tentu saja tidur akan lebih baik, namun bila tidak bisa tidur, hanya dengan berbaring untuk membuat tubuh dan pikiran rileks saja sudah cukup. Demikian beberapa tips menyusui saat puasa bagi para ibu.