Menyikapi Bayi yang Belum Turun ke Rongga Panggul

Pada kehamilan pertama, kepala bayi sudah masuk ke rongga panggul Ibu pada usia 34-38 minggu.  Tapi sebagian calon Ibu mengalami kejadian kepala bayi belum memasuki rongga panggul, padahal waktu kelahiran telah tiba.

Bagaimana Menyikapi  Kepala Bayi Belum Turun ke Rongga Panggul

  1. Periksa ke Dokter :   Memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter spesialis kandungan merupakan tindakan pertama yang harus dilakukan. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh mengenai kandungan Anda.  Karena ada beberapa faktor yang memicu kenapa kepala bayi Anda belum memasuki rongga panggul.  Beberapa faktor di antaranya adalah kepala bayi yang terlalu besar dari panggul Ibu, berat bayi yang melebihi 4 kilogram, rongga panggul Ibu sempit, bayi terlilit tali plasenta atau tumor yang menutupi rongga panggul Ibu. Berdasarkan pemeriksaan dokter  inilah yang akan menentukan apakah bayi Anda akan dilahirkan dengan cara normal atau bedah caesar.
  2. Lakukan Posisi Sujud : Sujud, layaknya orang shalat, akan memudahkan janin untuk berputar karena posisi bokong Ibu akan lebih besar  sehingga memudahkan bayi Anda untuk turun ke panggul.  Lakukan minimal 5 kali sehari selama 10-15 menit.  Posisi sujud ini memang sedikit tidak nyaman dilakukan saat hamil besar, tapi sangat aman dilakukan.  Jika Anda merasa kurang nyaman bersujud lama-lama, Anda bisa memperpendek durasi bersujud.
  3. Olah Raga : Olah raga saat kehamilan akan sangat baik dilakukan Ibu hamil.  Karena kehamilan Anda sudah memasuki masa persalinan, Anda tidak bisa melakukan olah raga yang berat. Lakukan jalan kaki pagi selama 30 menit dan yoga.  Banyak gerakan-gerakan yoga yang ringan yang dapat membantu Anda untuk membantu janin menemukan rongga panggul. Yoga tidak bisa dilakukan oleh Anda sendirian, Anda memerlukan instuktur yoga untuk mendampingi Anda.  Senam hamil juga bisa Anda lakukan sejak usia kehamilan memasuki 7 bulan.  Banyak Rumah Sakit atau Klinik Bersalin yang menyediakan fasilitas ini.
  4. Komunikasi dengan Janin : Ajaklah janin Anda berbicara.  Indra pendengaran janin sudah berfungsi sejak usia kehamilan 24-28 minggu. Bisikkan kalimat-kalimat positif untuk janin Anda. Misalnya “Ayo nak, cepatlah masuk rongga panggul Bunda agar kita bisa cepat berjuang bersama nanti,”.

Usaha-usaha menstimulasi penurunan kepala bayi ke rongga panggul, diharapkan dapat mempermudah proses melahirkan secara normal kecuali jika penolong kelahiran menyimpulkan diperlukan tindakan khusus.