Menyiapkan Bekal Makanan yang Sehat untuk Anak

Anak merupakan aset yang berharga bagi setiap orangtua. Kesehatan dan tumbuh kembangnya merupakan tanggungjawab kita sebagai orangtua. Bagaimana cara kita menyajikan menu-menu yang sehat dan bergizi akan menentukan kecerdasan dan kesehatan tubuhnya. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus pandai memilah makanan apa saja yang akan dikonsumsi oleh buah hati tersayang.

Menyiapkan Bekal Makanan Yang Sehat Untuk Anak sudah menjadi kewajiban yang mutlak bagi para orangtua, agar tumbuh kembang otak anak bisa optimal, anak pun tumbuh sehat, lincah dan gesit. Memberikan makanan yang tidak mengandung gizi yang cukup, akan membuat anak menjadi kekurangan gizi dan asupan protein yang dibutuhkan untuk membentuk cadangan energi di tubuhnya.

bekal makanan sekolahMakanan yang sehat setidaknya harus mengandung cukup gizi, bebas bahan pengawet dan zat aditif yang dapat mempengaruhi kesehatan anak kelak. Pastikan bahwa makanan yang anda sajikan memenuhi kebutuhan gizi anak dan keluarga setiap harinya. Cukup mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk menopang aktivitas anak, cukup serat untuk membantu proses pencernaan, protein, lemak dan karbohidrat serta vitamin.

Saat ini makanan yang beredar di luar rumah tidak lagi terjamin kesehatannya, oleh karenanya ada baiknya sebagai orangtua kita Menyiapkan Bekal Makanan Yang Sehat Untuk Anak kita sebagai bekal di sekolah maupun diperjalanan. Hal ini akan mencegah anak dari mengkonsumsi makanan ringan yang banyak mengandung MSG dan zat berbahaya lainnya.

Tentunya bukan hal yang mudah membiasakan anak untuk tidak jajan di luar, terlebih saat anak sudah mulai berinteraksi dengan lingkungan. Namun tak perlu khawatir, karena pada dasarnya anak menyukai sesuatu yang berpenampilan lucu dan menggoda. Anda bisa membuat bekal dengan bentuk yang menarik agar anak anda tertarik untuk memakannya. Buatlah paduan karbohidrat, protein, buah dan sayur dalam setiap bekalnya. Sajikan dalam bentuk tokoh kartun, boneka ataupun bento yang menarik. Jangan lupa memberikan asupan cairan yang mengandung vitamin dan susu, misalnya memberikan jus buah atau susu sebagai bekal minumnya. Jadikan hari-hari anak anda menjadi kenangan yang takkan terlupakan.