Menumbuhkan Kepedulian Anak di Masa Remaja Akan Lingkungan Sekitar

Di zaman yang serba canggih dan modern ini, sayangnya tak dibarengi dengan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya, khususnya para generasi remaja yang merupakan penerus bangsa. Ya, mungkin saja semuanya bisa dirubah dalam format digital, seperti buku digital, hewan peliharaan digital, pemandangan alam digital. Namun, bijakkah apabila kita membiarkan para generasi penerus bangsa terus larut dalam dunia digital dan menjauhi alam yang sesungguhnya? Pasti Anda tidak menginginkan hal itu terjadi kan? untuk mengantisipasinya, sejak dini mungkin Anda harus sudah Menumbuhkan Kepedulian Anak di Masa Remaja Akan Lingkungan Sekitar.

Menumbuhkan Kepedulian Anak di Masa Remaja Akan Lingkungan Sekitar dilakukan untuk menghindari efek negatif dari pengaruh dunia digital dan Menumbuhkan Kepedulian Anak di Masa Remaja Akan Lingkungan Sekitarmenumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengenalkan para generasi muda pada lingkungan, diantaranya :

  1. Memberi hewan peliharaan Cara ini cukup ampuh membuat anak-anak mencintai makluk hidup dan mengajarkan pada mereka untuk lebih bertanggung jawab untuk memberi maknan, minum, merawat, dan melindungi hewan peliharaannya. Kepedualian pada hewan peliharaannya tersebut, tentunya juga dapat menumbuhkan kepeduliannya terhadap sesama.
  2. Mengajarkan hal-hal kecil pada anak atau remaja.
    Ajarkan pada anak tentang hal-hal kecil yang apabila diabaikan dapat menimbulkan dampak yang besar, misalnya membuang sampah, penggunaan air, pemakaian listrik, dan lain sebagainya.
  3. Mengajak anak-anak/remaja liburan di alam bebas.
    Liburan tidak harus ke mal atau taman hiburan, tapi bisa dilakukan dialam bebas. Liburan dengan konsep kembali ke alam menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk mengenalkan dan mendekatkan anak dengan alam.
  4. Mengajarkan cara Berkebun
    Berkebun tidak hanya bisa dilakukan dilahan yang luas, karena lahan sempitpun bisa dimanfaatkan untuk area berkebun. Tanaman di sekitar rumah tidak hanya  menyegarkan mata, tetapi juga bisa dipetik hasilnya, misal buah-buahan, sayuran, dan tanaman lainnya. Lebih baik biarkan lahan tersebut tetap alami dengan menanaminya tanaman bunga atau pohon buah-buahan. Selain dapat menyegarkan mata karena keindahannya, Anda juga dapat memetik hasil apabila menanami pohon buah di lahan tersebut. Dengan mengajak anak berkebun, otomatis mereka akan turut menghargai, merawat, dan mencintai tanaman tersebut dengan sepenuh hati.
  5. Mengajarkan anak untuk mendaur ulang barang bekas
    Mendaur ulang barang bekas sebagai wujud cinta lingkungan. Cara ini dilakukan untuk mengurangi sampah non organik yang umumnya sulit terurai. Beberapa barang bekas yang bisa didaur ulang, antara lain : botol minuman, kaleng sarden, kertas, kain, kantong plastik, dan lain sebagainya.

Menumbuhkan Kepedulian Anak di Masa Remaja Akan Lingkungan Sekitar bisa dimulai dari kepedulian yang nyata dari orang tua dan masyarakat sekitarnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.