Menjalin Hubungan Keluarga Dan Masyarakat Yang Harmonis Sejak Dini

Hubungan keluarga dan masyarakat yang baik memang perlu diusahakan, karena berhubungan dengan banyak orang dan banyak karakter. Semakin dini seseorang menyadari perannya dalam kehidupan bermasyarakat, akan semakin baik dan mudah baginya untuk berperan di lingkungan sosial.

Anak juga perlu diajak mengenal lingkungan tempat tinggalnya sejak dini. Kenalkan pada anak tentang etika maupun norma yang penting untuk dipatuhi dalam bermasyarakat, bagaimana menjaga perasaan orang lain, serta menghormati keberadaan orang lain apapun kondisi mereka. Anda sendiri sebagai orangtua perlu memberi contoh dalam membina hubungan keluarga dan masyarakat yang baik. Tidak dapat dipungkiri, tantangan terbesar bagi orangtua adalah keberadaan tetangga dengan beragam karakternya yang tentunya dapat memicu konflik. Untuk itu, peganglah beberapa prinsip dasar, seperti prinsip kesetaraan untuk menjaga keharmonisan hubungan keluarga dan masyarakat terutama dengan tetangga. Lupakan tentang siapa lebih superior atau siapa yang inferior. Apa yang anda miliki tidak perlu disombongkan di depan tetangga demi menghargai mereka.

Beberapa Hal Untuk Mempererat Hubungan Keluarga Dan Masyarakat

Tidak dapat dipungkiri, seringkali anda terganggu dengan status sosial yang tercipta dalam masyarakat. Jangan sampai hal ini menghalangi anda dalam membentuk hubungan keluarga dan masyarakat yang indah, lewat bergaul tanpa pandang bulu. Perbedaan status bukanlah sebuah masalah yang harus dibesar-besarkan, apalagi sampai menciptakan perbedaan golongan. Lebih baik, gunakan energi anda untuk menguatkan hubungan keluarga dan masyarakat, dengan sesekali mengunjungi tetangga anda. Percayalah, kegiatan berkunjung ini bisa sangat menyenangkan selama dilakukan dengan ikhlas tanpa tendensi atau niat buruk apapun. Berkunjunglah pada momen-momen yang memang pas secara umum sebagai waktu berkunjung. Utamakan untuk mengunjungi tetangga yang sedang sakit atau berduka. Kunjungan anda akan memberi arti mendalam bagi si sakit dan mempererat tali persaudaraan dalam hubungan keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal anda.

Cara Mengajari Anak Tentang Hubungan Keluarga Dan Masyarakat

Komunikasi adalah kunci harmonisnya suatu hubungan. Rumusan tersebut juga berlaku dalam membina hubungan keluarga dan masyarakat. Hindari memicu perselisihan dengan tetangga anda. Jagalah sikap dan ucapan anda, karena anda tidak pernah tahu suasana hati yang sesungguhnya dari tetangga lawan bicara anda. Kebutuhan utama anda adalah hidup berdampingan dengan harmonis. Jadi, ajaklah seluruh anggota keluarga termasuk si kecil untuk menebar kebaikan, menjauhi kerusuhan, dan menjaga kedamaian di lingkungan tempat tinggalnya. Sesungguhnya hal ini tidak terlalu sulit, jika anda terbiasa melakukannya setiap hari.

Kunci keberhasilan Hubungan Keluarga Dan Masyarakat adalah toleransi, kemauan untuk saling menghargai, bersedia untuk mengulurkan tangan bagi tetangga yang membutuhkan bantuan, serta bekerjasama dengan mereka dalam segala hal. Anak-anak perlu mempelajari hal ini sejak dini, karena dengan merekam hal-hal yang baik dalam berhubungan dengan masyarakat, anda sudah membentuk calon manusia yang mampu bersosialisasi dengan baik dan mengambil peranan penting dalam masyarakat di masa depan. Awali hubungan keluarga dan masyarakat yang baik, lewat hal-hal yang sederhana, tidak rumit, dan berdasarkan pada keinginan untuk mengasihi dan melayani sesama.