Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Remaja

Menjaga kesehatan kulit wajah remaja adalah suatu keharusan karena pada masa tersebut, biasanya remaja mengalami perubahan hormonal yang seringkali memimbulkan masalah kulit, seperti jerawat, komedo, kulit kusam, dan lain-lain.  Mengingat banyaknya masalah kulit yang terjadi pada masa remaja, maka menjaga kesehatan kulit harus dilakukan sedini mungkin.  Selain menjaga kesehatan kulit, para remaja juga harus memahami perawatan kulit yang benar. Jika langkah tersebut dilakukan sejak dini, maka kulit sehat sepanjang masa bakal Anda miliki.

Upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah remaja, diantaranya adalah :

  1. Memahami jenis kulit remaja. Memahami jenis kulit akan membantu Anda untuk menentukan langkah-langkah perawatan kulit selanjutnya, misalnya pemilihan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Tentukanlah jenis kulit Anda, apakah berminyak, normal, sensitif, atau kering, kemudian lakukan perawatan yang benar.
  2. Rutin membersihkan kulit wajah. Membersihkan wajah secara rutin sangat penting dilakukan, karena langkah ini akan membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Kotoran yang dibiarkan menyumbat pori-pori akan menjadi komedo (jerawat membatu), hal itu tentu sangat merusak keindahan dan kecantikan kulit wajah remaja. Membersihkan wajah bisa dilakukan ketika bangun tidur dan setelah selesai beraktivitas. Pilihlah sabun pembersih yang aman dan cocok dengan jenis kulit Anda.
  3. Untuk remaja dengan aktivitas padat di luar ruangan, ada baiknya melindungi kulit wajahnya dengan krim pelindung yang mengandung SPF-5.
  4. Hindari menggunakan make-up yang berlebihan. Pemakaian make-up yang berlebihan hanya akan membuat kulit Anda terlihat tidak natural.
  5. Konsumsi sayur dan buah. Buah dan sayuran banyak mengandung vitamin A, C, E, dan kaya antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah remaja. Buah dan sayuran yang baik dikonsumsi demi menjaga kecantikan kulit remaja adalah jeruk, mangga, apel, jambu merah, brokoli, wortel, tomat, labu, dan lain-lain.
  6. Rajin berolah raga. Selain membuat tubuh sehat, olahraga secara rutin dapat membuat kulit Anda sehat.
  7. Banyak minum air putih. Konsumsi cairan yang cukup akan membantu menjaga elastisitas dan kelembaban kulit wajah Ada.

Demikian beberapa tips yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat!