Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia 5 – 12 Tahun

Apakah anak Anda memiliki masalah dengan konsentrasi saat mengerjakan pekerjaan rumahnya? Apakah Anda pernah melihat ekspresi wajah anak yang buruk pada setiap waktu dia sedang belajar? Anak artinya sedang belajar mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Mereka belajar berpikir dan menganalisa sebab dan alasan. Sesuatu yang tampak mudah di mata orang dewasa namun merupakan hal menyenangkan bagi anak. Namun mereka kadang seperti terganggu dengan sesuatu yang sedang terjadi di sekitar mereka.

Nah, ada cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak usia 5-12 tahun yang bisa Anda ikuti, seperti berikut :

  • Biasakan anak melakukan kegiatan rutin seperti waktu bangun tidur, sarapan, berangkat ke sekolah, main, mengerjakan pekerjaan rumah dan makan malam. Saat anak sudah bisa melakukan kebiasaan rutinnya dengan baik dia akan lebih mudah berkonsentrasi pada pekerjaannya karena dia tahu bahwa inilah waktunya yang telah ditetapkan untuk bekerja dan bukan yang lain.
  • Pastikan kamar tempat anak belajar tidak terganggu oleh kebisingan kegiatan lain. Biarkan dia membaca dengan nyaring jika anak berpikir cara itu membantunya untuk konsentrasi.
  • Jangan biarkan sang adik mendekati ruangan tempat anak belajar karena keributan dan suara yang mereka timbulkan akan menganggu konsentrasi anak.
  • Cara lain untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak usia 5-12 tahun lainnya adalah dengan membuat topik membosankan menjadi menarik dengan memainkan kuis atau permainan memori.
  • Kalau anak lapar maka dia tidak akan bisa konsentrasi, oleh karena itu pastikan perutnya sudah cukup terisi ketika anak sedang belajar.
  • Kadang anak cenderung kehilangan minat pada satu subjek tertentu ketika mereka merasa gagal melakukannya. Untuk hal ini, Anda harus tunjukkan bahwa Anda yakin akan kemampuannya dan akan membantu mereka sebisa mungkin.
  • Jika anak membutuhkan pertolongan ekstra, tawarkan pilihan mengikuti kursus atau les khusus pelajaran tertentu. Nanti ketika mereka sudah mengerti dan menguasai pelajarannya maka mereka akan bisa berkonsentrasi pada pekerjaannya.
  • Kadang baik juga membiarkan anak belajar bersama dengan teman-temannya yang memiliki nilai bagus di sekolah karena dengan begitu anak bisa mengambil pelajaran berharga dari teman-temannya ini.

Itulah tadi beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi pada anak usia 5-12 tahun yang mungkin bisa diterapkan pada buah hati Anda di rumah. Selamat mencoba.