Mengontrol Perkembangan Emosi Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Mengontrol Perkembangan Emosi Pada Anak Berkebutuhan Khusus bukanlah sesuatu yang biasa anda temukan dalam text book. Banyak teori yang menyarankan orang tua melakukan berbagai macam terapi bahkan beberapa orang tua rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk segala jenis pengobatan. Kebanyakan orang salah mengira bahwa anak yang memiliki kebutuhan khusus adalah sejenis penyakit yang dapat diobati, sebenarnya adalah hanya lewat kesabaran dan pembinaan ekstra kepada anak yang memiliki kebutuhan khususlah emosi mereka dapat dikontrol. Selain itu diet mereka juga sangat perlu diperhatikan karena beberapa zat makanan terbukti dapat mempengaruhi emosi mereka sehingga beberapa anak memiliki kebutuhan khusus menjadi lebih cenderung hiperaktif sehingga seperti hampir sulit diatur.

Cara Mengontrol Perkembangan Emosi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Berdasarkan Tipe Kebutuhan

Sebelum mencari tahu Cara Mengontrol Perkembangan Emosi Pada Anak Berkebutuhan Khusus perlu diperjelas terlebih dahulu mengenai apa saja yang dimaksud dengan memiliki kebutuhan khusus karena setiap anak yang memiliki kebutuhan khusus memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dari satu anak ke anak yang lain. Berikut adalah jenis-jenis anak yang memiliki kebutuhan khusus:

  • Tunagrahita yaitu anak-anak yang memiliki masalah dengan fungsi intelektual yang berada dibawah rata-rata anak normal.
  • Tunalaras adalah anak-anak yang memiliki masalah dalam pengontrolan emosi dan hubungan sosial dengan anak-anak lainnya.
  • Tunarungu Wicara adalah anak-anak yang memiliki masalah dengan pendengaran yang berakibat pada masalah dalam berbicara.
  • Tunanetra adalah anak-anak yang memiliki masalah dengan penglihatan.
  • Autistik adalah anak-anak yang memilki masalah dalam berkomunikasi yang disebabkan adanya kerusakan pada otak.
  • Anak berbakat adalah anak-anak yang dikenal dengan sebutan jenius dengan tingkat kreatifitas diatas rata-rata anak-anak normal.

Guru Harus Tahu Cara Mengontrol Perkembangan Emosi Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Tidak hanya orang tua yang harus tahu mengenai bagaimana cara untuk mengontrol emosi seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus tapi juga guru tempat mereka bersekolah terutama guru untuk sekolah-sekolah umum dimana seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus belajar. Kebanyakan orang yang mendengar anak-anak memiliki kebutuhan khusus adalah anak-anak yang memiliki keterbelakangan mental atau idiot tapi pada kenyataannya adalah tidak. Mungkin untuk anak-anak tunarungu, tunanetra dan autis memiliki sekolah khusus tapi tidak bagi anak-anak tunagrahita dan anak berbakat mereka harus masuk sekolah umum dan sudah menjadi tugas guru untuk mengetahui Cara Mengontrol Perkembangan Emosi Pada Anak Berkebutuhan Khusus.