Menghindari Keguguran Saat Hamil

Menurut statistik, satu dari lima kehamilan berakhir dengan keguguran. Kerapkali keguguran tidak disadari karena terjadi saat minggu-minggu awal kehamilan, dan karena tidak disertai gejala serius, kecuali hanya sebatas mulas seperti saat menstruasi. Namun begitu, kita dapat meminimalisir kemungkinan terkena resiko keguguran, dengan memperhatikan faktor-faktor penyebabnya.

Menghindari Keguguran Saat Hamil

Mengenali penyebab terjadinya keguguran, dapat membantu kita untuk melakukan pencegahan dini dan mempersiapkan diri sebelum hamil. Lakukan check-up dengan dokter kandungan secara rutin sebelum dan semasa menjalani kehamilan, agar masa-masa awal kehamilan dapat dilalui dengan selamat.

Keguguran rawan terjadi pada tiga bulan pertama atau pada usia kehamilan di bawah 12 minggu. Maka, sangat penting memperhatikan kondisi badan dan memonitor perkembangan janin pada masa tersebut. Begitu masa tersebut terlewati, umumnya janin sudah kuat dan sang ibu dapat menjalani masa berikutnya tanpa dibayangi kekhawatiran.

Penyebab keguguran bervariasi, mulai dari kondisi badan yang kurang fit, kelainan kromosom, virus, penyakit, gaya hidup tidak sehat, faktor keturunan, kegemukan, konsumsi obat-obatan dan zat berbahaya, serta faktor usia.

Untuk mengurangi resiko terjadinya keguguran, seorang calon ibu perlu memperhatikan kesehatan tubuh. Sebelum dan semasa hamil, konsumsilah makanan sehat dan vitamin yang dianjurkan. Hindari kegemukan dengan menjauhi junkfood, cukup istirahat, dan berolahraga. Kurangi kemungkinan terjangkit virus atau penyakit yang berasal dari makanan atau daging mentah.

Tinggalkan Gaya Hidup Tidak Sehat

Tinggakan gaya hidup tidak sehat seperti : merokok, minum minuman beralkohol, begadang, menenggak obat-obatan terlalu sering (baik yang terlarang maupun yang umum), terlalu banyak makan berlemak, dan sejenisnya.

Untuk ibu yang mengalami kelainan fungsi organ tubuh, lakukanlah konsultasi secara rutin dengan dokter agar dapat memperkecil resiko. Demikian pula dengan ibu yang beresiko mengalami keguguran karena faktor keturunan atau umur.

Keguguran tidak selamanya disebabkan karena kelalaian kita. Ada banyak faktor yang turut menentukan. Namun kuncinya adalah, mengenali faktor penyebab dan menjaga kondisi tubuh. Dengan cara ini, kita dapat menghindari keguguran saat hamil dan bahagia menjalani masa kehamilan.