Mengenali Tanda-Tanda Kehamilan

Kehamilan adalah suatu moment atau peristiwa yang ditunggu-tunggu oleh para wanita, hal tersebut merupakan kelengkapan bagi kaum hawa untuk menunjukan sempurnanyakodrat yang telah digariskan oleh-Nya. Seperti salah satu tujuan utama pasangan suami istri dalam ikatan pernikahan adalah dengan menginginkan keturunan yang akan dijadikan sebagai generasi untuk melangsungkan regenerasi bagi keluarga besarnya. Berbagai cara bisa dilakukan agar memperoleh keturunan dengan cepat dan mudah, seperti melakukannya dengan cara alamiah,program kehamilan, ataupun dengan menggunakan metode-metode khusus seperti halnya bayi tabung.

Untuk proses yang dilakukan secara alamiah maka akan ditemukan tanda kehamilan sebagai berikut :

  • Terlambatnya menstruasi merupakan gejala awal dalam tanda kehamilan karena terjadinya proses pembuahan pada rahim. Jika anda mengalami keterlambatan dengan datangnya “tamu bulanan”, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan melalui alat tes kehamilan. Apabila alat tes tersebut menunjukan tanda positif, langkah selanjutnya adalah anda bisa mengunjungi dokter kandungan untuk lebih memastikan kembali dari test yang telah dilakukan. Untuk hal tersebut biasanya dokter akan melakukan USG untuk melihat kondisi rahim si calon ibu dan selanjutnya memberikan beberapa suplemen atau vitamin yang berguna untuk menjaga kondisi Ibu dan kandungannya dalam kondisi yang tetap baik.
  • Rasa mual pada pagi hari atau yang biasa disebut dengan morning sickness, merupakan salah satu tanda kehamilan. Hal ini akan berlangsung selama tiga bulan pertama dalam proses kehamilan, namun untuk sebagian wanita rasa mual bisa berlangsung cukup lama dan melebihi waktu tersebut. untuk menyiasati hal tersebut biasanya akan dibantu oleh obat anti mual agar tidak mengganggu aktifits ataupun dengan cara mengkonsumsi buah-buahan atau makanan apa saja yang dapat mengurangi rasa mual tersebut.
  • Mudah merasa lelah dan letih bisa juga menjadi tanda kehamilan, hal ini bisa disebabkan karena asupan makanan yang dikonsumsi jumlahnya menjadi berkurang akibat rasa mual yang ditimbulkan. Untuk hal tersebut sangat disarankan agar ibu hamil tetap menjaga asupan nutrisi serta vitamin agar stamina tetap terjaga, dan dapat membantu kondisi janin tetap sehat.
  • Terjadinya frekuensi buang air kecil yang lebih sering, ini disebabkan karena posisi rahim yang sudah mulai membesar dan mendesak turun ke kantong kandung kemih. Sehingga kandung kemih tidak bisa menampung lebih banyak air seni seperti biasanya atau dalam kondisi normal.
  • Tanda kehamilan lainnya adalah adanya perubahan mood atau suasana hati yang lebih sensitif dan terjadi dalam rentang waktu yang tidak begitu lama, ini disebabkan adanya perubahan atau penyesuaian hormon yang terjadi selama proses kehamilan. Seperti ketika ibu hamil dalam kondisi mood yang baik namun dalam beberapa saat bisa berubah menjadi kesal, dan sedih. Disaat tersebutlah adanya peran pasangan yang dapat membantu memulihkan kembali mood ibu hamil agar dalam kondisi yang baik.

Selain tanda-tanda umum seperti diatas, ada beberapa tanda kehamilan secara fisik yang bisa anda ketahui, sebagai berikut :

  • Payudara yang membengkak, ini terjadi karena kelenjar hormon dalam payudara sedang memproduksi ASI yang akan dipersiapkan pada saat kelahiran bayi anda.
  • Pinggul yang membesar, ini juga salah satu tanda kehamilan yang biasanya terjadi. Membesarnya pinggul juga terjadi karena adanya perubahan hormon.
  • Tanda kehamilan lainnya adalah dengan bertambahnya berat badan yang terjadi dengan cepat, ini masih ada hubungannya dengan meningkatnya hormon sehingga mengakibatkan bertambahnya napsu makan, dan keinginan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  • Perubahan wajah yang bisa menjadi lebih bersih atau sebaliknya berjerawat dan tampak kusam, biasanya hal tersebut ada kaitannya dengan mood yang dialami oleh ibu hamil tersebut. Jika sang ibu lebih merasa malas dalam melakukan perawatan wajah, otomatis wajah akan kotor, kusam dan tampak tidak bercahaya. Begitu juga sebaliknya, jika sang ibu mempunyai mood yang bagus tentunya dia akan tetap melakukan perawatan-perawatan baik wajah maupun lainnya, sehingga dalam keadaan hamil sang ibu tetap bisa tampil cantik dan maksimal.