Mengenal Jenis Gigi Anak dan Fungsinya

Gigi merupakan bagian vital dari tubuh manusia karena merupakan alat bantu pencernaan yang berfungsi melembutkan/mengunyah makanan sebelum akhirnya masuk ke dalam saluran pencernaan. Begitu pentingnya keberadaan gigi bagi manusia, sehingga kita harus rajin merawat gigi agar tidak cepat rusak. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis gigi pada anak dan fungsinya terlebih dahulu.

Gigi merupakan bagian tubuh yang berada di dalam rongga mulut.  Ia memiliki struktur yang berlapis-lapis mulai dari email gigi, tulang gigi (dentin), pulpa yang berisi pembuluh darah, pembuluh saraf, dan masih banyak bagian lain yang berfungsi memperkuat keberadaan gigi. Meskipun terlihat kuat, gigi merupakan jaringan tubuh yang seringkali mengalami kerusakan, apalagi jika kita tidak merawatnya dengan baik.

Jumlah gigi pada anak-anak berbeda dengan jumlah gigi orang dewasa. Gigi manusia akan tumbuh untuk pertama kalinya saat dia berumur 6 bulan, namun itu juga tidak bisa dijadikan patokan yang tepat karena bisa jadi gigi pertama muncul di atas usia 6 bulan. Gigi yang pertama kali muncul biasanya disebut gigi susu atau dens lakteus.

Meskipun bersifat sementara, namun gigi susu memiliki banyak fungsi sehingga orang tua harus merawatnya, diantaranya fungsi gigi susu adalah membantu mengunyah dan melembutkan makanan, kegiatan mengunyah dapat merangsang pertumbuhan tulang rahang si kecil, penentu arah tumbuhnya gigi permanen, dan masih banyak fungsi yang lainnya.

Setelah gigi susu pada anak tumbuh, maka akan disusul dengan tumbuhnya gigi sulung. Gigi inilah yang akan berperan menggantikan posisi gigi susu, biasa di saat anak memasuki usia 6 tahun. Saat ini, gigi anak berjumlah 20 buah, yang terdiri dari 8 gigi seri yang berfungsi memotong makanan, 4 gigi taring yang berfungsi sebagai penyobek makanan, dan 8 gigi geraham kecil yang berfungsi mengunyah makanan.

Setelah anak berusia diatas 6 tahun, gigi mulai tanggal dan digantikan oleh gigi tetap yang jumlahnya masih sama dengan gigi sulung dan di tambah 12 buah gigi geraham besar. Setelah mengenal jenis-jenis gigi dan fungsinya, diharapkan kita semakin rajin merawat gigi.