Mengatur Diet Untuk Anak ADHD

Bagaimanakah diet untuk anak ADHD?

Apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh anak ADHD? ADHD adalah singkatan dari Attention Deficit Hiperactivity Disorder yaitu sebuah gangguan yang umum dijumpai pada anak-anak, atau dalam bahasa sehari-hari kita biasa menyebutnya anak hiperaktif. Banyak orang tua yang tidak sadar ketika anaknya mengalami ADHD ini, biasanya hanya dianggap anak sedang aktif, padahal jika dilihat perilakunya cenderung pada anak yang mengidap ADHD. Berdasarkan penelitian pemberian makanan yang tepat lebih mempengaruhi perkembangan penyembuhan anak ADHD ketimbang pemakaian obat-obatan. Kebanyakan orang tua yang memiliki anak hiperaktif biasanya menyalahkan konsumsi gula berlebihan, padahal tidak hanya itu, ada berbagai faktor yang memicu anak hingga mengidap ADHD.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anak ADHD

  • Gula
    Gula merupakan sumber kalori yang cepat diserap oleh tubuh. Seorang anak pengidap ADHD bukan berarti tidak oleh mengkonsumsi gula, tetapi sebaiknya dibatasi. Berbagai sumber karbohidrat mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga lebih baik mengurangi makanan manis, karena konsumsi gula sudah banyak dipenuhi dari sumber karbohidrat.  Perbanyak konsumsi buah karena di dalam buah terdapat gula alami yang baik bagi tubuh.
  • Makanan dengan bahan tambahan kimia
    Berbagai penelitian menyatakan konsumsi bahan kimia menjadi penyebab utama pemicu ADHD pada anak-anak. Lebih baik anak-anak ADHD tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimiawi. Bahan kimiawi yang umum dipakai adalah seperti pengawet, pemanis buatan, dan pewarna makanan. Berbagai bahan kimiawi tersebut umum terdapat dalam jajanan yang banyak dijual dipasaran, bahkan tidak jarang dipakai juga bahan-bahan kimia yang berbahaya. Oleh karena itu lebih baik buatkan sendiri jajanan sehat untuk buah hati anda, terutama bagi anak yang mengidap ADHD. Selain itu konsumsi bahan makanan organik untuk membatasi masuknya bahan kimia kedalam tubuh anak.
  • Kafein
    Kita sudah mengetahui bahwa kafein memiliki efek stimulan bagi tubuh, bagi orang dewasa konsumsi kafein bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh dengan cara memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat. Bagi anak-anak pengaruh kafein akan sangat terasa ketimbang orang dewasa, apalagi untuk anak ADHD. Mungkin kita berfikir tidak mungkin kita memberikan kopi kepada anak-anak bukan, tetapi kafein tidak hanya ada dalam kopi, beberapa minuman soda atau minuman energi memiliki kandungan kafein. Dan inilah yang harus kita cermati.

Diet Untuk Anak ADHD Yang Menyertakan Omega 3

Berdasarkan penelitian, Omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan dan beberapa kacang-kacangan, memiliki efek yang baik bagi perkembangan otak dan memperbaiki kerja otak. Zat ini sangat dianjurkan untuk ditambahkan dalam diet untuk penderita ADHD. Bagi anak ADHD yang tidak suka mengkonsumsi ikan, bisa dialihkan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang diperkaya dengan omega3. Dalam berbagai produk bahan makanan saat ini seperti telur, susu maupun roti banyak yang sudah diperkaya dengan omega3, dan ini bisa dijadikan sebagai alternatif sumber omega 3 dalam diet untuk anak ADHD.