Mengatasi Step pada Bayi

Mengatasi step pada bayi harus segera dilakukan secepat mungkin ketika bayi mengalaminya. Harus ada penanganan yang cepat dan tanggap namun anda harus tetap bersikap tenang. Penyakit kejang atau step biasanya lahir dari keluarga yang juga pernah mengalami sakit tersebut. Pada dasarnya kejang atau step pada bayi salah satunya bisa disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen ke otak.

Penanganan Step Pada Bayi

  • Bersikaplah setenang mungkin dan jangan bersikap tegang dan panik. Tetaplah berpikiran jernih.
  • Kompreslah bayi anda yang sedang demam. Gunakan handuk dengan dengan air hangat agar panasnya segera turun lalu kompreslah terus hingga panasnya turun. Jangan menggunakan handuk dengan air dingin karena bisa menyebabkan kondisi yang semakin buruk. Pengompresan yang dilakukan bisa dengan menggunakan air hangat dengan suhu lebih dari 39°C.
  • Segera berikan paracetammol pada bayi anda untuk menurunkan suhu tubuhnya sesuai dosisi yang dianjurkan oleh dokter.
  • Jangan bebani bayi anda dengan pakaian tebal dan ketat. Namun gunakan baju yang agak longgar agar tubuhnya bisa bernapas.
  • Minumkanlah obat anti kejang jika bayi sebelumnya sudah pernah menderita sakit ini.
  • Bawalah bayi anda ke rumah sakit jika kejang terus berlanjut. Jangan sampai kejang pada bayi tersebut berlanjut hingga lebih dari 3 menit. Jika lebih maka segera bawa ke dokter terdekat atau bawalah ke rumah sakit. Karena cara mengatasi step pada bayi ini hanyalah tindakan pertolongan pertama pada saat bayi mengalami sakit ini. Jika sakit stepnya semakin parah maka jangan tunda untuk pergi ke dokter.

Tindakan Pencegahan

Pencegahan yang bisa dilakukan agar step atau kejang pada bayi bisa dengan beberapa cara

  • Pencegahan intermiten atau pencegahan berkala. Pencegahan ini dilakukan untuk kejang dengan demam yang sederhana. Diazepam bisa menjadi alternatif untuk pencegahan ini dengan cara dioralkan melalui mulut, dosis yang digunakan sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Serta pemberian anti piretika pada bayi dengan disertai demam.
  • Untuk pencegahan secara kontinyu dengan asam vaproat yang digunakan pada saat kejang dengan demam komlikata. Diberikan secara oral, dosis yang digunakan sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  • Jika sang bayi telah mempunyai riwayat sakit maka lakukan kontrol secara berkala setiap tiga bulan sekali. Pencegahan dalam mengatasi step pada bayi lebih baik dilakukan sebelum sakit kambuh.