Bagaimana Cara Atasi Rasa Takut Si Kecil Pada Gelap?

Malam, gelap, hantu, sepi, merinding, adalah ungkapan anak pada gelap. Terlalu sering ditakut-takuti teman sebayanya, atau bahkan kita dan anggota keluarga lain menjadikan anak ketakutan yang berlebih akan gelap, Membayangkan sesuatu yang seram, menakutkan hingga bisa menjadikan phobia padanya. Si kecil bisa menangis keras, bahkan sesak nafas saat ditempat gelap, malah membuat hal tak positif untuk dirinya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

  • Langkah awal, hilangkan kebiasaan menakut-nakuti anak, bahkan untuk kebaikannya sekalipun. Diharapkan setelah usia 5 tahun, imajinasi anak tentang adanya monster, hantu, pencuri atau hal-hal negatif tentang gelap lambat laun sirna.
  • Dampingi anak, saat nonton televisi apalagi yang ada unsur seramnya sambil diberi edukasi, bahwa itu hanya bohongan, atau rekaan semata. Bacaan anak yang menakutkan sebaiknya jangan diberikan pada usia anak-anak. Beri pengetahuan secara bertahap, bahwa malam itu hanya gelap, banyak bintang, dan waktu tepat untuk istirahat. Gelap bukan hal yang menakutkan.
  • Ajaklah anak berelaksasi dalam gelap. Misalnya main petak umpet saat lampu dimatikan mendongeng dengan bahasan gelap yang tak menyeramkan, sampai melakukan permainan bayangan dengan menggunakan sinar rendah (lilin, lampu panjar), sehingga menjadi hal menyenangkan bagi anak menghadapi gelap, hingga bisa mengatasi rasa takut akan gelap.
  • Bila mendengarkan celoteh anak Anda dengan temannya, atau sebaiknya tentang presepsi buruk tentang gelap, maka sebaiknya Anda menengahi dengan memberi kata positif terhadap “gelap”, sehingga ia dan teman-temannya tak akan membahas gelap dengan hal negatif lagi.
  • Jangan pernah beri cap buruk, cap tak baik sebagai seorang”penakut” kepada anak yang takut akan gelap, bahkan memarahinya. Karena bila itu terjadi, anak malah tak bisa mengekspresikan diri dan semakin takut pada gelap.
  • Beri reward, hadiah edukasi seperti permainan puzzle, buku bacaan tentang indahnya malam dan gelap, dan lainnya, saat si kecil berhasil menaklukkan hal ini. Terakhir, mengatasi rasa takut si kecil akan gelap bisa berhasil saat semua pihak saling bahu membahu.