Mengatasi Kecemasan Menjelang Melahirkan dengan HypnoBirthing

Akan segera bertemu dengan buah hati tercinta yang telah dikandung selama 9 bulan tentu membahagiakan. Tapi kebahagiaan itu terusik dengan rasa cemas yang berlebihan menjelang kelahiran si kecil. Ibu hamil jadi mudah stress karena memikirkan hal-hal yang ditakutkan. Tentu hal itu wajar, mengingat ini adalah kehamilan dan persalinan yang pertama. Perasaan cemas yang berlebihan akan mempengaruhi emosi. Cobalah metode HypnoBirthing atau teknik relaksasi menjelang persalinan.

Apa Itu Relaksasi?

Relaksasi adalah teknik untuk mencapai kondisi rileks.  Maksudnya adalah ketika seluruh sistem saraf, organ tubuh dan panca indra beristirahat untuk melepaskan ketegangan yang ada.  Relaksasi pada dasarnya digunakan untuk manajemen stres.  Peranan relaksasi menjadi penting pada saat ini karena ternyata makin banyak wanita yang takut dan cemas saat menghadapi persalinan. Hal itu disebabkan oleh cerita-cerita seram proses melahirkan seperti rasa sakit yang hebat atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi saat persalinan.

Rasa cemas dan takut tersebut sebetulnya tidak perlu karena melahirkan merupakan proses yang paling alami di dunia. Buruknya, rasa cemas ini akan mempengaruhi alam bawah sadar sehingga akan menyulitkan proses melahirkan nantinya. Secara psikologis, Ibu yang tidak tenang dalam menghadapi persalinan akan menurunkan perasaan tersebut pada bayinya. Sehingga bayi akan mudah gelisah dan berdampak pada tumbuh kembang di dalam kandungan. Hal itu bisa terjadi karena apapun yang dipikirkan Ibu akan dirasakan oleh bayi karena keduanya terikat hubungan batin yang kuat.

Reklasasi dengan Metode Hypnobirthing

Untuk itu relaksasi diperlukan agar rasa cemas itu tidak menghantui lagi. Relaksasi dengan HypnoBirthing sebetulnya sangat mudah dipelajari.  Jika  suka, tahapan relaksasi pertama dengan melakukan pernapasan yang diiringi musik yang menenangkan.

Beberapa hal yang perlu disiapkan saat Hypnobirthing adalah suasana ruangan yang tenang, matikan TV dan radio.  Kondisikan tubuh yang nyaman, tidak lapar, tidak kenyang, suhu badan normal dan baju tidak terlalu ketat. Pilihlah tempat duduk atau tempat berbaring yang nyaman.  Aromaterapi yang menenangkan bisa diletakkan di tempat   relaksasi dilakukan.  Katakan pada diri sendiri kalimat-kalimat positif seperti persalinan ini akan berjalan dengan mudah dan lancar.

Selamat mencoba.  Bersiap diri dengan perasaan rileks menjelang melahirkan.