Mengatasi Demam Pada Balita

Ibu terkadang langsung panik ketika mendapatkan suhu badan anak dalam keadaan panas. Keadaan panas pada anak cenderung menjadi situasi yang menakutkan bagi orangtua. Panas tubuh di bawah 37 derajat masih bisa dirawat di rumah tanpa obat-obatan. Ingatlah bahwa demam adalah suatu kondisi dimana tubuh berperang melawan penyakit. Biarkan demam menurun dengan sendirinya dan anak akan kembali sehat dalam waktu beberapa hari.

Bagaimana mengatasi demam pada balita? Jangan biasakan memberikan obat turun panas begitu anak demam. Pertarungan tubuh melawan penyakit adalah hal yang normal. yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah menjaga anak tetap mengkonsumsi air minum yang banyak dan makanan makanan yang sehat. Periksa panas tubuh anak dengan menggunakan thermometer, baik yang dimasukkan ke dalam mulut ataupun diselipkan di ketiak.

Periksa juga temperatur di dalam rumah, khususnya di ruang tidur anak Anda. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas. Jangan juga menyelimuti anak yang sedang demam karena hal itu akan membuat badan anak bertambah panas. Pakaikan baju yang tipis dan menyerap keringat seperti piyama yang terbuat dari bahan katun. Pakaian yang ringan akan membuat anak menjadi nyaman meskipun badannya sedang panas.

Bagaimana mengatasi demam pada balita yang tidak juga menurun setelah lewat tiga hari? Bila panas badan anak Anda tidak juga turun selama 3 hari, Anda boleh memberinya obat penurun panas atau menempelkan cairan penyedot panas di dahinya. Karena panas badan juga terkadang membuat anak kesakitan.

Terus berikan banyak cairan seperti air putih, jus, sup atau gelatin untuk membuat tubuh anak tetap dalam kondisi hidrasi. Anak yang sedang demam boleh dibersihkan badannya dengan cara dilap menggunakan air hangat. Setelah dilap segera pakaikan baju agar anak tidak merasa kedinginan atau menggigil. Kondisi kedinginan akibat air akan membuat anak tidak nyaman.

Beberapa tips mengatasi demam pada balita yang harus diingat oleh orangtua adalah jangan panik, karena demam adalah sebuah proses normal ketika tubuh anak sedang bertarung melawan penyakit jahat yang berusaha masuk ke dalam tubuh anak. Pastikan anak memdapat banyak cairan dan biarkan mereka melewati proses demam secara natural. Kecuali jika anak merasa kesakitan, Anda boleh memberinya obat penurun panas utnuk membuatnya nyaman.

Bila panas tidak juga menurun dan tetap tinggi, segara bawa ke dokter dan jangan paksakan anak memakan makanan yang Anda berikan. Biarkan mereka memilih makanan apa yang mereka inginkan.