Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat merupakan masalah kulit yang sering dialami bayi dan anak-anak, terutama pada cuaca panas. Sebenarnya, biang keringat bukanlah penyakit berbahaya, namun apabila tidak diatasi dengan benar, maka biang keringat bisa menyebabkan infeksi kulit yang cukup berat dan memakan waktu lama untuk bisa disembuhkan. Selain itu, biang keringat dapat menimbulkan rasa gatal dan panas sehingga membuat bayi Anda rewel dan tidak nyaman. Karena biang keringat sangat menyiksa bagi bayi Anda, maka sebaiknya para ibu mengerti tentang cara mengatasi biang keringat pada bayi.

Tahukah ibu, biang keringat pada bayi biasanya terjadi karena pori-pori tersumbat sehingga menghalangi keluarnya keringat dengan bebas. Pada saat cuaca panas, biang keringat akan semakin parah dan mengakibatkan kulit bayi muncul bintik-bintik merah hingga berisi cairan bening pada bagian tertentu dari anggota badan, seperti wajah, leher, punggung, dada, dahi, tangan, kepala, dan lain-lain. Nah, Anda pasti ingin segera mengetahui cara mengatasi biang keringat pada bayi? Untuk itu, simak beberapa tips berikut ini :

  • Rajin menjaga kebersihan bayi, baik badan, pakaian, dan juga tempat tidur bayi.
  • Pakaikan baju yang longgar dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Hindarkan bayi Anda dari pakaian yang terlalu ketat dan tebal, karena akan memicu rasa panas dan lembab yang dapat memperparah biang keringat.
  • Saat cuaca panas, biasanya bayi akan mudah berkeringat. Untuk itu, Anda bisa mengelap bagian tubuh bayi dengan waslap basah dan membubuhkan bedak tipis-tipis untuk menyerap kelembaban, terutama leher, ketiak, paha, lengan dan wajah.
  • Anda harus segera mengganti bagi bayi yang basah oleh keringat atau kotoran karena pakaian yang kotor dan lembab mengandung kuman yang dapat memperparah biang keringat.
  • Pastikan kamar bayi memiliki sirkulasi yang bagus, tidak panas dan juga tidak lembab.
  • Berhentilah memberikan bedak yang mengandung parfum atau produk lainnya yang mengandung bahan kimia karena akan memperparah kondisi kulit bayi Anda.
  • Untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa memberikan bedak yang mengandung salycyl atau zink.
  • Jika biang keringat tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, dan justru mengkhawatirkan, Anda bisa segera menghubungi dokter kulit agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga informasi tentang cara mengatasi biang keringat pada bayi di atas dapat bermanfaat ya!