Mengatasi Batuk Alergi Pada Anak

Batuk yang “membandel” karena alergi terkadang membuat orangtua menjadi khawatir dan tak sabar untuk mengatasinya, hingga yang terjadi malah memberikan pengobatan yang berlebihan kepada anak. Bila orangtua tak mengantongi pengetahuan yang cukup dalam mengatasi batuk alergi pada anak, yang terjadi bukan kesembuhan yang cepat, namun malah sebaliknya.

Hal yang paling masuk akal adalah diupayakan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu, karena batuk alergi dengan batuk karena infeksi bakteri tentu beda penanganannya. Batuk alergi biasanya tidak disertai demam, cenderung tidak disertai dahak. Tanda lainnya yang perlu dikenali adalah batuk itu muncul saat pagi atau malam hari ataupun setelah mengkonsumsi makanan berminyak atau minuman dingin, atau setelah kontak dengan pemicu alergi lainnya, seperti debu, udara berAC, menghirup bulu binatang atau serbuk bunga, dan lain sebagainya.

Obat apakah yang sebaiknya diminum? Sebenarnya cukup dengan obat anti alergi, anti histamine, atau bahkan cukup obat batuk saja. Antibiotik malah tidak disarankan oleh dokter karena bukan untuk mengatasi batuk yang disebabkan infeksi bakteri. Namun, bila kita membiarkan anak terkena alergi batuk ini berkepanjangan tanpa pengobatan yang tepat, maka alergi ini bisa menyerang semua organ dan sistem tubuh. Mulai dari paru, kulit, saluran kencing, jantung bahkan susunan syaraf, hingga menganggu perkembangan tubuh anak.

Pengobatan secara alami mengatasi batuk alergi pada anak ternyata lebih disukai saat ini, karena kebanyakan orangtua khawatir bila terus menerus meminum obat kimia akan berdampak buruk dan menimbulkan efek samping di kemudian hari. Perbanyak minum madu, kencur, mengkudu, tanaman habbatussauda, meniran, jahe merah teh rosella adalah obat alami yang diharapkan bisa menyembuhkan batuk alergi anak.

Bila ingin kepastian penyebab alergi, ada beberapa tahap dilakukan yakni anamnesa, dengan melihat riwayat keluarga, misalnya ada yang sakit asma akan menurunkan lebih banyak kadar alergi itu. Test skin allergy, foto rontgen, pemeriksaan laboratorium dan lain sebagainya. Kepastian ini diperlukan untuk penangan yang paling tepat pengobatan penyakit itu. Namun bila kita menghindari pencetusnya sebenarnya hal itu sangatlah membantu, hingga tidak perlu obat lagi. Makan bergizi, olahraga cukup, rumah sehat dan hidup teratur, sering terkena sinar matahari pagi, adalah hal paling sederhana dilakukan untuk atasi batuk alergi pada anak.