Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Menjaga keseimbangan asupan gizi makanan yang masuk adalah hal penting yang harus mendapatkan perhatian serius. Apalagi jika hal tersebut menyangkut tumbuh kembang anak. Permasalahan yang biasanya terjadi adalah cara untuk mengatasi anak susah makan sayur.

Sebagai orang tua tentu kita akan cemas sekali melihat anak yang suka sekali pilih-pilih makanan. Apalagi jika yang dimakan masih itu-itu saja dan tidak mau berganti dengan makanan yang lainnya. Jika dikasih makanan lain maka bawaannya, anak makan dengan porsi sedikit atau bahkan tidak mau makan sama sekali.

Jika sudah sampai seperti ini maka orang tua yang dibikin repot dan pusing. Bahkan tidak jarang orang tua yang akhirnya menyerah pada anak dengan memberikan makanan yang disukai oleh anak saja.

anak susah makanMasa anak-anak sangat membutuhkan gizi yang seimbang demi masa pertumbuhannya. Jika kita mengabaikan hal tersebut maka bisa jadi tumbuh kembang anak menjadi tidak optimal atau bahkan masuk ke dalam kurang gizi. Tentu kita tidak ingin bukan jika hal tersebut terjadi?

Sebenarnya cara mengatasi anak susah makan sayur bisa dibilang cukup mudah alias gampang. Yang diperlukan adalah usaha yang sungguh dari orang tua. Berikut adalah cara untuk mengatasi anak susah makan sayur.

  1. Orang tua adalah contoh yang terbaik bagi anaknya dan setiap anak memiliki kebiasaan untuk mencontoh dari orang tuanya. Jadi mulailah sejak awal untuk memberikan contoh yang terbaik dalam hal makanan kepada anak anda.
  2. Ajak anak untuk belanja kebutuhan masakan bersama. Biarkan anak memilih makann yang disukainya, tentunya dalam hal ini kita harus memberikan bimbingan mengenai makanan yang cukup sehat bagi anak
  3. Buatlah sebuah penampilan makanan yang cukup menarik untuk menggugah selera makanan anak. Terkadang anak akan memiliki nafsu makan yang luar biasa ketika dalam kondisi suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, jangan pernah untuk menyepelehkan masalah penyajian makanan.
  4. Berkreasi dengan masakan. Buatlah berbagai macam kreasi masakan dari sayuran misalnya kripik bayam, tempura brokoli, dan yang lainnya.

Jadi sangat mudah bukan untuk mengatasi anak susah makan sayur? Jadi tetap semangat untuk belajar agar bisa menjadi orang tua yang baik bagi anak, termasuk dalam masalah asupan gizi.