Mengajarkan Anak Membaca

Banyak orang tua khawatir karena anak-anak mereka tidak suka membaca. Mulailah dengan membaca untuk anak Anda. Bacalah buku yang menyenangkan, buku yang menarik, atau buku tentang petualangan. Jadikanlah membaca menyenangkan. Jangan membuat membaca menjadi hal yang dipaksakan.  Bantu anak Anda menemukan buku yang diminatinya. Sediakanlah berbagai bahan bacaan untuk anak Anda, tentang topik yang membuat mereka tertarik. Lakukan setiap hari, dan biarkan anak Anda melihat bagaimana Anda juga mencintai membaca. Kecintaan membaca adalah karunia yang paling penting yang dapat diberikan orang tua kepada anaknya. Membaca adalah juga sebuah pelarian besar dari tekanan sehari-hari kehidupan.

Sayangnya, ketika anak-anak berada dalam masa transisi ke sekolah, membaca cenderung menjadi tugas yang berat. Pada masa sekarang dimana semua serba instant, orang tua sering gagal untuk mengingat bahwa anak-anak perlu belajar membaca langkah demi langkah dalam proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran; setiap anak menggenggam konsep dengan kecepatan sendiri. Anak-anak yang lambat untuk menangkap mungkin merasa sedih, mereka diharuskan membaca keras di kelas, diejek oleh teman-temannya dan dikirim untuk mengunjungi spesialis membaca.

Bantulah anak Anda, buatlah kegiatan membaca di rumah menjadi santai, kreatif dan bebas stres. Tinggalkan koran di meja dan katakan bahwa Anda belum selesai membaca sebuah artikel, minta anak Anda membaca sisanya untuk Anda. Suruh mereka untuk mengeja kata-kata yang mereka tidak bisa atau tidak yakin. Saat memasak, biarkan anak Anda membacakan resepnya. Ketika berbelanja, biarkan mereka membaca brosur, label makanan, atau  cara pemakaian, sebelum memilih yang tepat. Jika dilakukan dengan benar, anak Anda mungkin tidak tahu motivasi tersembunyi Anda.

Tips berikut akan membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan membaca secara aktif :

  1. Fokus pada satu kalimat pada suatu waktu.
    Bagi kebanyakan anak, melihat kata-kata terlalu banyak pada satu halaman membuat mereka tidak tertarik. Gunakan kartu kertas kosong untuk menutup semuanya kecuali kalimat yang akan dibaca. Setelah menyelesaikan satu baris, pindahkan kartu ke bawah dan ulangi proses.
  2. Arahkan ke kata-kata.
    Dorong  mereka untuk mengikuti bacaan mereka dengan jari, atau pensil tumpul. Teknik ini bermanfaat untuk pelajar visual.
  3. Bergantian membaca.
    Bergantianlah membaca. Untuk pelajar auditori, mendengar kata-kata ketika diucapkan akan meningkatkan pemahaman.
  4. Diskusikan apa yang Anda baca.
    Tutup buku dan minta mereka untuk menjelaskan apa yang baru saja mereka membaca. Jika teks yang berkaitan dengan ujian, bantulah mereka dengan menulis beberapa catatan untuk ditinjau kembali. Teknik ini akan membantu mereka untuk mempertahankan informasi dan mengingatnya hari berikutnya.
  5. Berilah contoh.
    Semakin anak- anak melihat Anda membaca, semakin tertariklah mereka untuk membaca.