Mengajarkan Anak Kemandirian dan Tanggung Jawab

Usia balita adalah usia dimana anak mulai mempelajari segala hal. Orang disekeliling adalah contoh para balita untuk belajar.  Mulai dari orang tua, saudara, tetangga bahkan orang-orang yang bertemu dijalan atau Mal. Karena pada umumnya para balita meniru apa yang ia lihat dan dengar. Contoh yang baik dapat membuat si anak meniru perbuatan baik, bahkan tidak sedikit terjadi contoh-contoh buruk pun mereka tiru. Oleh karena itu orang tua harus mengajarkan anak kebiasaan-kebiasaan baik dengan mencontohkan yang baik pula. Mulai dari hal kecil yaitu kemandirian dan tanggung jawab. Balita usia 2 tahun sudah dapat diajarkan kedua hal tersebut.

Untuk mengajarkan anak kemandirian dan tanggung jawab, beberapa hal dibawah ini dapat anda lakukan :

  • Ajarkan kebiasaan-kebiasaan baik pada anak dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menggosok gigi. Menggosok gigi dapat menjadi salah satu cara mengajarkan anak kemandirian, anda dapat melatih kebiasaan baik tersebut setiap hari agar anak anda terbiasa melakukannya. Dapat juga dengan melatih anak untuk membereskan mainan setelah bermain, memilih mainan yang tepat juga penting agar anak anda dapat belajar sambil bermain, dengan begitu anak anda akan memiliki rasa tanggung jawab untuk membereskan mainannya.
  • Ajarkan anak untuk berfikir positif tentang diri mereka sendiri dengan memodelkan perilaku ini dalam diri anda. Dan anak anda akan mendapatkan harga diri yang lebih besar ketika anda mendorong kemandirian dan tanggung jawab. Dorong anak anda untuk memiliki pikiran positif dengan kata-kata positif yang ia terima seperti, “Anak mama pinter ya bisa beresin mainan sendiri”. Dengan begitu dapat membuat anak bersemangat untuk mengulanginya lagi. Karena dengan rutinitas atau pengulangan anak akan terbiasa melakukannya. Dan anda pun tidak perlu khawatir atau pusing melihat mainan yang berantakan karena si kecil cerdas sudah biasa melakukannya.

Terkadang orang tua juga harus membiarkan si anak melakukan hal sesukanya, karena dengan melakukan hal yang ia inginkan, ia dapat memperoleh ilmu baru.

Mulailah mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik setiap hari kepada anak anda untuk membentuk rasa kemandirian dan tanggung jawab anak.