Menciptakan Kegiatan Bermanfaat di Bulan Ramadhan Untuk Anak Usia 5 – 12 Tahun

Mendampingi anak dalam menjalankan ibadah puasa memang gampang-gampang susah, apalagi jika mereka baru latihan puasa penuh. Pada usia 5 tahun, anak memang belum memiliki kewajiban untuk menjalankan puasa penuh, namun di usia tersebut merupakan saat yang tepat untuk Anda mulai melatih anak puasa secara bertahap. Pertama kali, puasa setengah hari bisa dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan puasa setengah hari yang berlanjut hingga bedug tiba. Nah, jika semua berjalan dengan baik, tibalah saat terakhir, yakni melatih anak untuk puasa penuh. Biasanya, godaan akan bermunculan sehingga membuat mereka membatalkan puasanya. Nah, untuk menyiasatinya Anda bisa menciptakan kegiatan bermanfaat di bulan ramadhan untuk anak usia 5-12 tahun.

Tujuan Anda dalam menciptakan kegiatan bermanfaat di bulan ramadhan untuk anak usia 5-12 tahun ini tidak hanya sekedar mengisi waktu luang, akan tetapi untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan juga dahaganya. Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan berbagai kegiatan seru yang tidak hanya menyenangkan bagi anak, akan tetapi bernilai ibadah. Penasaran nih? Yuk simak ulasan berikut ini :

Ijinkan Anak Mengikuti Pondok Ramadhan
Biasanya, pihak sekolah akan mengadakan kegiatan pondok ramadhan untuk meningkatkan pengetahuan agama. Selain itu, berkumpul dengan teman-temannya akan membuat anak terhibur dan melupakan rasa lapar dan dahaga.

Lakukan Kegiatan Taddarus Bersama
Mengaji bersama teman-teman di mushala atau bersama keluarga di rumah akan membuat anak merasa terhibur dan tentunya membuat kemampuan membaca Al Quran semakin meningkat.

Membaca Buku Cerita
Membaca adalah aktivitas seru yang bisa mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan dahaga. Berikan buku bacaan islami yang berkualitas. Hal ini sangat berguna untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan anak tentang islam secara mendalam.

Jalan- Jalan
Jalan-jalan saat puasa! Kenapa enggak? Tetapkan tujuan Anda saat mengajak anak jalan-jalan, misalnya ke panti asuhan untuk melihat dan mengenalkan anak kepada teman-temannya yang kurang beruntung. Dengan begitu, akan timbul rasa syukur dan kepedulian kepada orang yang lebih membutuhkan. Namun, Ada harus menghindari jalan-jalan yang membuat anak tergoda untuk membatalkan puasanya, misalnya ke mall, atau tempat-tempat lainnya yang banyak makanan dan minuman.

Mengajak Anak Menyiapkan Menu Buka Puasa
Anak biasanya suka mengganggu Anda saat memasak. Nah pada moment ramadhan ini, Anda bisa memberinya kesempatan untuk ikut terjun langsung membantu kegiatan Anda.

Semoga informasi tentang menciptakan kegiatan bermanfaat di bulan ramadhan untuk anak usia 5-12 tahun bisa bermanfaat bagi Anda semua.