Membangun Pola Tidur Yang Baik Bagi Bayi

Tidur memegang peranan penting dalam tumbuh kembang bayi. Bayi dengan pola tidur yang baik juga akan tumbuh menjadi anak-anak dengan kepribadian yang baik pula. Pola tidur yang buruk sejak bayi akan berlanjut sampai masa kanak-kanaknya dan pada giliran selanjutnya menyebabkan ketidakstabilan kondisi emosinya. Anak akan sulit berkonsentrasi, mudah marah, atau menjadi pemalas. Oleh karena itu, membangun kebiasaan tidur yang baik sangatlah penting untuk dilakukan sejak bayi.

Membangun kebiasaan tidur yang baik bagi bayi membutuhkan kesabaran dan ketegasan orangtua atau pengasuhnya. Tujuannya adalah agar bayi dapat tertidur tanpa ada ketergantungan akan kehadiran orangtua atau pengasuh di sampingnya. Mulailah dengan membuat rutinitas pendek sebelum tidur seperti memandikan bayi sebelumnya, memijat atau pun mengelus  punggungnya yang menandakan bahwa saat itu adalah waktu untuk tidur. Anda dapat pula menyertakan selimut atau mainan kesayangannya dalam rutinitas ini. Dr. Nicky Cohen, seorang psikolog dengan spesialisasi masalah tidur pada anak, menyatakan bahwa kecil kemungkinan seorang anak mengalami gangguan tidur bila sejak bayi dia dapat membuat dirinya nyaman sendiri saat mengawali tidurnya.

Gangguan tidur yang dialami anak-anak dapat diminimalisir dengan menerapkan pola tidur yang sehat sejak bayi. Bila bayi Anda mengalami kesulitan dalam mengawali tidurnya, bantu dia untuk belajar membuat dirinya merasa nyaman secara mandiri. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah letakkan bayi Anda di atas tempat tidurnya dan buat dia merasa nyaman selama lima menit, kemudian pelan-pelan tinggalkan bayi Anda sendiri dalam kondisi mengantuk tetapi belum tertidur. Bila bayi Anda menangis, tunggu selama lima menit kemudian kembalilah ke kamar dan buat dia tenang kembali namun tanpa mengangkatnya dari atas tempat tidur. Lakukan ini berulang-ulang sampai bayi Anda tertidur dengan sendirinya.

Rutinitas pola tidur yang sehat ini terkadang terganggu saat bayi sakit atau dalam suatu perjalanan. Bila ini yang terjadi, rutinitas pola tidur sehat tersebut tidak perlu dipaksakan, namun segera terapkan kembali saat keadaan kembali normal. Bila semua metode di atas sudah Anda lakukan namun bayi Anda masih mengalami gangguan tidur, kemungkinan terdapat masalah kesehatan pada bayi Anda. Dalam hal ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terpercaya untuk membantu Anda dan bayi Anda.