Melancarkan ASI Secara Alami

Perasaan takut dan khawatir produksi ASI yang kurang banyak seringkali terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan, apalagi jika sang ibu pernah mengalami kondisi yang serupa. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila sebagian besar pasangan lebih mengutamakan penggunaan susu formula untuk mencukupi kebutuhan ASI bagi bayi. Namun demikian, melakukan berbagai usaha untuk melancarkan ASI secara alami sebaiknya menjadi prioritas dibandingkan penggunaan susu formula, karena bagaimanapun juga pemberian ASI akan dapat mendekatkan hubungan ibu dan bayi. Bagaimanakah caranya?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips melancarkan ASI secara alami sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Nutrisi. Penuhi asupan nutrisi makanan yang seimbang agar tidak terjadi gangguan keseimbangan hormonal dalam tubuh. Gangguan keseimbangan hormonal dalam tubuh pada akhirnya berpengaruh juga pada produksi ASI. Namun demikian, akan lebih baik apabila asupan protein sebaiknya diperbanyak karena protein bermanfaat untuk proses tumbuh kembang bayi.
  • Makanan stimulan. Mengkonsumsi beberapa jenis sayuran ataupun buah-buahan seperti kedelai jepang, daun katuk, daun pepaya ataupun daun nangka muda ternyata berguna sebagai stimulan hormon prolaktin. Menurut salah seorang pakar kesehatan, dikatakan bahwa hormon prolaktin merupakan suatu hormon yang bertanggung jawab pada proses produksi ASI.
  • Psikologis. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jepang, dikatakan bahwa gangguan psikologis seperti stress ataupun depresi, akan mempengaruhi produksi hormon kortisol yang menghambat produksi hormon prolaktin. Gangguan pada hormon kortisol pada akhirnya mempengaruhi produksi ASI juga.
  • Pijat. Pemijatan menggunakan teknik acupresure yang diakukan pada titik meridian tertentu pada telapak kaki, telapak tangan ataupun bagian tubuh secara umum, berguna untuk meningkatkan kinerja hormon prolaktin dalam memproduksi ASI. Selain itu, pemijatan secara langsung pada payudara juga dapat dilakukan untuk memberikan stimulasi produksi ASI.
  • Kosongkan. Mengosongkan seluruh ASI yang terdapat pada kedua payudara dengan cara pemompaan ataupun rajin menyusui bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja hormon oksitosin yang bertanggung jawab pada proses pengeluaran ASI. Semakin sering dikosongkan, maka semakin banyak pula produksi ASI.

Demikianlah beberapa kiat dan tips melancarkan ASI secara alami yang dapat dengan mudah dilakukan. Selamat menyusui dan semoga bermanfaat.